Abstract
Penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain non-eksperimental menggunakan metode survey ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh video pembelajaran terhadap hasil pembelajaran pendidikan jasmani. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Semarang dan untuk penarikan sampel menggunakan purposive sampling hingga didapatkan 237 responden. Berdasarkan analisis data, maka ditemukan bahwa video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil pembelajaran sebesar 50,4%. Berdasarkan hasil analisis data, di antara keempat indikator ini ada satu indikator yang tidak berpengaruh terhadap hasil pembelajaran, yaitu kesesuaian media dengan pengguna. Selain itu variabel tidak berpengaruhnya kesesuaian media dengan pengguna memunculkan dugaan bahwa pendidik tidak memahami bahwasannya tidak semua subyek yang disampaikan akan efektif jika menggunakan video, apalagi pembelajaran pendidikan jasmani yang memang seharusnya banyak memerlukan aktivitas fisik di lapangan. Tentunya bagian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yaitu tidak semua materi pembelajaran yang disampaikan dapat dijadikan sebuah video, semata-mata subjek tertentu yang dapat digunakan untuk video sebagai daya upaya pembelajarannya.
References
Agustiningsih, A. (2015). Video sebagai alternatif media pembelajaran dalam rangka mendukung keberhasilan penerapan kurikulum 2013 di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50-58. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72
Agustryani, R., Nur Herliana, M., & Soraya, N. (2020). Pengaruh Model Team Game Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Responsibility siswa dalam Pembelajaran Penjas Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Jendela Olahraga, 5(1), 30. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.5225
Akbar, R. R. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. UIN Raden Intan Lampung.
Azhariadi, A., Desmaniar, I., & Geni, Z. L. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Di Daerah Terpencil. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Azzahra, R. (2017). Analisis Pembuatan Video Media Pembelajaran dalam Mata Kuliah Pembelajaran Menyimak oleh Mahasiswa Kelas A Semester V Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Khairun Ternate. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 8-14. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/1759
Brame, C. J. (2016). Effective educational videos: Principles and guidelines for maximizing student learning from video content. CBE Life Sciences Education, 15(4), es6.1-es6.6. https://doi.org/10.1187/cbe.16-03-0125
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Creswell, J. (2013). Steps in Conducting a Scholarly Mixed Methods Study Abstract for DBER Group Discussion on 2013 ‐ 11 ‐ 14. Steps in Conducting a Scholarly Mixed Methods Study, 1–54.
Darmawati, D., Rahayu, T., & Achmad Rifai Rc. (2017). Journal of Physical Education and Sports Leadership Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan Abstrak. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 108–116. https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17359
Haris, A., & Ghazali, M. I. (2016). Implementation of teacher learning in physical education curriculum at the junior school in makassar, Indonesia. Journal of Physical Education and Sport, 16(1), 683–687. https://doi.org/10.7752/jpes.2016.s1110
Imamah, N. (2012). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme dipadukan dengan video animasi materi sistem kehidupan tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1). 32-36. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2010
Kristanto, A. (2011). Pengembangan Model Media Video Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Media Video/Tv Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)
.
Mertha, I. G., Rahayu, S., & Lestari, N. (2019). Workshop Teknik Pembuatan Video Pembelajaran Pada Guru-Guru SMP N 1 Gunungsari Lombok Barat. 2(1), 1–5. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/990
Sumbodo, P. P. (2016). Penerapan Metode Kooperatif Tipe Team’s Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Bolavoli pada Siswa Kelas XI TSM SMK Murni 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Rahmawati, S., Wicaksono, L., & Purwanti. (2019). Meningkatkan Perhatian Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Melalui Bimbingan Klasikal dengan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1-9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35853
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sumarni, S., & Feranita, R. (2017). The Utilization Effect of Video Learning Media Through Critical Thinking Skills and Student Learning Outcomes towards Tenth Grade Student in Sociology Subject at SMA 1 Banyuasin II. In International Conference on Education 2017 (pp. 267-273). https://doi.org/10.2991/ice-17.2018.59
Suprayitno, A. (2019). Pedoman Dan Penyusunan Pengembangan Diri Bagi Guru. Deepublish.
Wahono, & Satria, R. (2018). Sistem E-Learning Berbasis Model Motivasi Komunitas. Jurnal Teknodik, 21(3), 228. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i3.469
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Danang Aghfironindra, Billy Billy Castyana, Tandiyo Rahayu, Gustiana Mega Anggita, Mohammad Arif Ali