Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah panduan aktivitas gerak berupa kalender gerak dapat digunakan sebagai panduan peserta didik untuk senantiasa melakukan aktivitas gerak selama belajar dari rumah pada masa pandemic covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey menggunakan aplikasi google form. Penelitian dilakukan di SDN 060 Raya Barat dan SDN 023 Pajagalan Kota Bandung dengan jumlah sampel pada siswa kelas 5 SDN 060 Raya Barat dan siswa kelas 1-6 SDN 023 Pajagalan Kota Bandung berjumlah 3.780 peserta didik. Analisis data menggunakan tools analisis data yaitu google data studio. Hasil temuan dari penelitian ini adalah sebesar 60% peserta didik (sebanyak 2.271 peserta didik) dapat melakukan aktivitas gerak dengan memanfaatkan kalender gerak sebagai panduan melakukan aktivitas gerak selama belajar dari rumah sebagai upaya pembiasaan untuk senantiasa bergerak dimasa pandemi covid-19.
References
Alexander, S. A., Fusco, C., & Frohlich, K. L. (2015). ‘You have to do 60 minutes of physical activity per day I saw it on TV’: Children’s constructions of play in the context of Canadian public health discourse of playing for health. Sociology of Health & Illness, 37(2), 227–240. https://doi.org/10.1111/1467-9566.12179
Coker, C. A. (2017). Motor learning and control for practitioners. New York: Routledge.
Fajriati, R., Hibana, H., Putro, K. Z., & Labziah, L. (2022). Pola Komunikasi dalam Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3877–3888. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1730
Firmansyah, G., Adi, S., Utama, M. B. R., & Aliriad, H. (2022). Aktivitas Fisik Dan Indeks Massa Tubuh Siswa Pada Saat Pandemi Siswa Pondok Pesantren. Citius: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 2(1), 58–63. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/citius/article/view/449
Fitriana, F., Ahmad, A., & Fitria, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 5(2), 182–194. http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i2.7898
Lukmi, N. (2022). Implementasi SKB 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Di SMA Negeri 1 Brang Rea) (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
Maksum, A. (2008). Metodologi Penelitian. Surabaya: Univesity Press.
Physical activity guidelines for Americans. (2008). The Oklahoma Nurse, 53(4), 25. https://doi.org/10.1249/fit.0000000000000472
Pradika, R. R. T. A., Sari, A. D., & Suminar, I. T. (2022). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Usia Sekolah: Literature Review. Citra Delima: Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 6(1), 19-26. https://doi.org/10.33862/citradelima.v6i1.277
Sallis, J. F., Mckenzie, T. L., Beets, M. W., Beighle, A., & Erwin, H. (2012). Physical Education’s Role in Public Health Physical Education’s Role in Public Health: Steps Forward. Research Quarterly for Exercise and Sport, 38, 125–135.
Septiningsih, I., & Kurniawan, I. D. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Pola Perilaku Anak. VETERAN SOCIETY JOURNAL, 2(2), 110–120. https://doi.org/10.33005/vsj.v2i2.27
Tumaloto, E. H. (2022). Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan selama pandemi covid 19. Jambura Health and Sport Journal, 4(1), 60–68. https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i1.13602
Zulfikar, M., Irfan, I., Hasbunallah, H., Latuheru, R. V., Hasyim, A. H., & Haris, I. N. (2022). Problematika pembelajaran di masa pandemi covid-19 bagi guru pendidikan jasmani. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Keolahragaan, 2(1), 26–32. http://conference.um.ac.id/index.php/ss/article/view/3065
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Muhamad Nasrul, Suhaimi Suhaimi, Diwantra Diwantra, Arham Arham