Potret kompetensi pedagogik guru mengoptimalisasi pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan melalui google classroom
PDF

Keywords

kompetensi pedagogik guru pendidikan jasmani
optimalisasi google classroom dalam pembelajaran pendidikan jasmani
pembelajaran online pendidikan jasmani
pembelajaran pendidikan jasmani selama pandemi

How to Cite

Riwu Rohi, I., Nafie, A. J., Baun, A., & Masi, P. W. (2022). Potret kompetensi pedagogik guru mengoptimalisasi pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan melalui google classroom. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(1), 28–41. https://doi.org/10.54284/jopi.v2i1.163

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memotret kompetensi pedagogik guru PJOK dalam mengoptimalisasi pembelajaran menggunakan media Google Classroom (GC). Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 21 guru PJOK yang terafiliassi dalam MGMP PJOK Kota Kupang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 14 pernyataan tertutup menggunakan Lima skala Likert dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa guru memiliki kompetensi pedagogik yang baik dan mumpuni dalam mengoprimalisasi pembelajaran PJOK melalui GC. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam penguasaan dan pemanfaatan teknologi harus selalu ditingkatkan secara periodik agar guru dapat adaptif dengan cepatnya berbagai perubahan tuntutan pembelajaran guna mendukung penyelenggaraan pembelajaran PJOK yang berkualitas.

https://doi.org/10.54284/jopi.v2i1.163
PDF

References

Aghfironindra, D., Castyana, B., Rahayu, T., Anggita, G. M., & Ali, M. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Pada Pendidikan Jasmani terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.1

Asiah, N. (2017). Analisis Kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Raden Intan Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 20–23. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1803

Blegur, J., Wasak, M. R. P., & Manu, L. (2017). Penilaian Formatif Peserta Didik atas Kompetensi Pendidik dalam Proses Pembelajaran. Satya Widya, 33(2), 117–127. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p117-127

Diciano, J., Mateo, W., Junior, R. J., Verzosa, J. I., & Tindowen, D. J. (2021). Students’ Experiences in Learning Physical Education in an Online Environment. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 2(3), 140–154. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2021.vol2(3).7792

Gandalas, A. M., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2021). Pengembangan Media Online Google Classroom Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan bagi Atlet Remaja. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 100–114. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/11896

Hartoto, S., Nurhasan, N., Maksum, A., Al Ardha, M. A., Hidayat, T., Hamdani, H., & Yang, C. B. (2022). Physical Education Teacher Perception in Conducting Online Learning Activities during Covid-19 Pandemic. JOSSAE: Journal of Sport Science and Education, 7(1), 42–49. https://doi.org/10.26740/jossae.v7n1.p42-49

Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i2.1236

Jaya, I. K. O. P., Yoda, I. K., & Swadesi, I. K. I. (2021). Survey Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Berbasis Daring Tingkat SMP. Jurnal Penjakora, 8(2), 151–158. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i2.32462

Jeong, H–C., & So, W–Y. (2020). Difficulties of Online Physical Education Classes in Middle and High School and an Efficient Operation Plan to Address Them. Int. J. Environ. Res. Public Health, 17, 7279. https://doi.org/10.3390/ijerph17197279

Junianto, T. (2022). Pembelajaran PJOK Kondisi Pandemi Covid Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia, 1(2), 203–212. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.28

Mahendra, I. M. (2021). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Daring dengan Platform Google Classroom Pada Mata Pelajaran PJOK. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 114–120. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.39097

Mulyaningsih, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Guru PJOK dalam Menilai Keterampilan Motorik Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 1–10. Retrieved from https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/110

Mustafa, A. F. (2022). Gambaran Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia, 1(2), 213–225. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.25

Parta, I. B. M. A., Kanca, I. N., & Dartini, N. P. D. S. (2021). Survei Pelaksanaan Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi

Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 151–156. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39171

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Prayitno. (2009). Dasar Teori dan Praktik Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Putra, L. A., & Hamdani. (2021). Implementasi Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Masa Pandemi di SMAN se-Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9(2), 299–305. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/41319

Putra, R. H., & Wibowo, S. (2022). Identifikasi Kendala Pembelajaran Daring PJOK di SMK SE-Kabupaten Gresik. Berajah Journal: Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 2(3), 513–524. https://doi.org/10.47353/bj.v2i3.127

Putri, W. (2021). Difficulties of Future Physical Education Teacher for Elementary School in Attending Synchronous Online Learning during Covid-19 Pandemic. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 5(1), 68–75. https://doi.org/10.17509/tegar.v5i1.38893

Rahmah, N., Safruddin, & Saputra, H. H. (2022). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran PJOK Via Daring di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 539–546. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.549

Santoso, N., Cahyo, A. D., Wiyanto, A. (2021). Sports and Health Physical Education Issues in Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Madrasah Ibtidaiyah 5 North Lampung. SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 7(3), 494–507. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v7i3.16314

Saptari, I. G. N. (2022). Peningkatan Efektivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan melalui Penerapan Aplikasi Google Classroom Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 6 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ganec Swara, 16(2), 1663–1673. https://doi.org/10.35327/gara.v16i2.332

Saputra, A. D., & Satyawan, I. M. (2021). Motivasi Peserta Didik dalam mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30984

Sarifudin, H. S., Nulhakim, L. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Google Classroom terhadap Hasil Belajar PJOK. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 66–74. https://doi.org/10.30653/003.202281.201

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Sudaryanti, N., & Priambodo, A. (2021). Dampak Penggunaan Google Classroom terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PJOK Secara Daring. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9(3), 99–104. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/43333

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryobroto, A. S. (2001). Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang–Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Usman, M. U. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyudhi, A. S. B. S.E., Ismail, M., & Iskandar, H. (2020). Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Selama Pandemi: Keuntungan, Kendala dan Solusi. SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation, 5(2), 166–173. https://doi.org/10.26858/sportive.v5i2.23555

Widia, I. K. (2022). Implementasi Google Classroom saat Learning from Home pada Permainan Bola Besar di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Melaya. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 196–205.

Widiyono, I. P., & Nugroho, A. (2021). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran PJOK di SMP/MTs Se-Kecamatan Karangsambung pada Masa Pandemi Covid-19. JOSEPHA: Journal of Sport Science and Physical Education,

(2), 28–37. https://doi.org/10.38114/josepha.v2i2.153

Widoyoko, S. E. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 211–221. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Isak Riwu Rohi, Agustinus Jacob Nafie, Alventur Baun, Pnatmo Welhelmin Masi

Downloads

Download data is not yet available.