Efektivitas waktu belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan tingkat SMP pada pembelajaran tatap muka terbatas
PDF

Keywords

Efektivitas
pembelajaran
pendidikan jasmani
PTMT

How to Cite

Fauzi, M., & Winarno, M. E. (2023). Efektivitas waktu belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan tingkat SMP pada pembelajaran tatap muka terbatas. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(2), 84–96. https://doi.org/10.54284/jopi.v2i2.164

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui efektivitas waktu belajar PJOK di SMP Negeri 13 Malang pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif. Pendekatan yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif. Instrumen data yang digunakan ialah lembar observasi. Fokus penelitian ini yaitu proses pembelajaran PJOK di SMP Negeri 13 Malang. Hasil penelitian efektivitas waktu belajar PJOK di SMP Negeri 13 Malang memperoleh 78% dengan total waktu 59 menit tergolong dalam kriteria baik. Namun berdasarkan rata- rata waktu dari setiap tahapan pembelajaran belum memenuhi standar, pada tahap pendahuluan mendapatkan 15 menit (20%), tahap inti mendapatkan 39 menit (51%), tahap penutup mendapatkan 5 menit (7%), sehingga dapat disimpulkan bahwa keefektifan waktu belajar PJOK di SMP Negeri 13 Malang pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) belum efektif.

https://doi.org/10.54284/jopi.v2i2.164
PDF

References

Akhiruddin, S., Atmowardoyo, H., & Nurhikmah. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang.

Alaswati, S., Rahayu, S., & Rustiana, E. R. (2016). Evaluasi pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 pjok. Journal of Physical Education and Sports, 5(2), 111-119. https://doi.org/10.15294/jpes.v5i2.13447

Andiyanto, E., Simanjuntak, V. G., & Haetami, M. (2020). Efektifitas Waktu Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i1.39090

Arif, M., & Hartati, S. C. Y. (2016). Penerapan Modifikasi Permainan Bolavoli Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(1), 185–93.

Asmara, H. (2015). Profesi Kependidikan. Alfabeta. Bandung.

Dharma, S. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Fadila, A., Budi, D. R., Listiandi, A. D., Ngadiman, & Festiawan, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas. Physical Activity Journal (PAJU), 3(1), 23–30. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4350

Febriantoro. (2019). Efektivitas Waktu Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMA Negeri 5 Kediri [Doctoral Dissertation. Malang: Universitas Negeri Malang.

Haidir, & Salim. (2012). Strategi Pembelajaran. Perdana Pu. Medan: Perdana Publishing.

Husain, M. Z., Hasan, A., Wahab, N. B. A., & Jantan, J. (2015). Determining Teaching Effectiveness for Physical Education Teacher. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 733–740. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.426

Husain, F. A. (2014). Survei Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Active: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(11), 89–95. https://doi.org/10.15294/active.v3i11.4270

Ilahi, N. W., & Imaniyati, N. (2016). Peran guru sebagai manajer dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 99. https://pdfs.semanticscholar.org/6205/df30883070a0fa92beab3908958711ccc05f.pdf

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014. Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta.

Kurniawan, R., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2018). Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada siswa SMA menggunakan model countenance. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1253-1264. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i10.11599

Kusuma, R. A., & Winarno, M. E. (2018). Efektivitas Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(2), 135-141. http://dx.doi.org/10.17977/um040v2i2p135-141

Lestari, W. T., & Winarno, M. E. (2020). Efektifitas Waktu Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di UPT Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(9), 464-470. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11799

Mahendrayana, T., & Suroto. (2017). Efektifitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Ban Pada Materi Lompat Jauh Gaya Jongkok (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Ponorogo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 743–51.

Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 110–116. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11906

Permendikbud. (2016). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved January 12, 2022. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbudristek. (2022). Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: pusmendik.kemdikbud.go.id. pusmendik.kemdikbud.go.id.

Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru Sebagai Fasilitator Dan Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49–54. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Rosdiani. (2015). Kurikulum Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfa Betha.

Samsudin. (2014). Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Litera Prenada Media Group.

Setiawan, A. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutoyo, Ginanjar, A., & Effendy, F. (2020). Efektivitas Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Lari Jarak Pendek Di SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 54–61. http://ejournal.stkipnu.ac.id/index.php/JKJO/article/view/106

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395–400. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303

Widiyatmoko, F. A., & Hudah, M. (2017). Evaluasi Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 44–60. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/587

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Mochammad Fauzi, Mashuri Eko Winarno

Downloads

Download data is not yet available.