Abstract
Pembinaan olahraga yang berkelanjutan menjadi tolak ukur ketercapaian prestasi suatu bangsa. Ruang lingkup pembinaan prestasi olahraga nasional dilakukan pada bidang olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, dan olahraga prestasi. Esai ini bertujuan untuk memaparkan strategi pembinaan olahraga nasional menuju Indonesia emas tahun 2045 dan mamaparkan implementasi metode Trust, Authority, Responsibility, Supervisi, Integrasi, dan Local Wisdom (TARSIL) dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Model TARSIL yaitu model konstruks otonomi daerah sebagai upaya Pemerintah Pusat memberikan kewenangan untuk menunjang pemerintahan yang partisipatif dengan mengedepankan tanggung jawab dalam penyelenggaraan pemerintahan di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Implementasi Model TARSIL dalam DBON melibatkan Pemerintah Pusat sampai Pemerintah Kabupaten/Kota dan didukung oleh otonomi daerah sehingga memberikan dampak positif dalam mengatasi berbagai hambatan dan mendorong daerah untuk mempercepat pencapaian tujuan dan target yang telah ditetapkan. Pembagian tugas dan tanggung jawab dalam melakukan pola pembinaan atlet mengacu kepada DBON secara berjenjang dan berkelanjutan dengan cara memberikan kepercayaan, supervisi, dan bekerjasama dengan induk organisasi cabang olahraga dan NPC Indonesia dalam melakukan pembinaan atlet elit menuju multi event olahraga (Olimpiade/Paralimpiade, Asian Games/Asian Para Games dan SEA Games/ASEAN Para Games). Pembinaan atlet menjadi lebih jelas jenjang, terintegrasi dan sinergis mulai dari daerah hingga ke tingkat Pusat dan adanya acuan 14 cabang olahraga unggulan Olimpiade dan 5 cabang olahraga unggulan Paralimpiade.
References
Althoff, T., Sosič, R., Hicks, J. L., King, A. C., Delp, S. L., & Leskovec, J. (2017). Large-scale physical activity data reveal worldwide activity inequality. Nature, 547(7663), 336-339.
Amali, Z., Sumaryanto, S., Ali, M. A., Anggita, G. M., Castyana, B., Rahayu, T., & Kusuma, D. W. Y. (2021). Tarsil as an educational value in Indonesian sports system. Cakrawala Pendidikan, 40(3).
Faizal, E. N. (2017). Pengaruh Pemanasan Menggunakan Modifikasi Permainan Outword of Bond Terhadap Kesiapan Belajar dan Partisipasi Aktif Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Hidayat, M. S. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Pada Pembelajaran Pencak Silat Seni Tepak Paleredan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Kementerian Kesehatan RI. (2017). Panduan Pelaksanaan Gerakan Nusantara Tekan Angka Obesitas (GENTAS). Http://P2Ptm.Kemkes.Go.Id/Dokumen- Ptm/Panduan-Gentas, pp. 6–16. Retrieved from http://p2ptm.kemkes.go.id/dokumen-ptm/panduan-gentas Kementerian PPN/Bappenas. (2019). Rpjmn 2015-2019. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024, p. 313.
Kristiyanto, A. (2018). Peluang dan Ancaman Revolusi Industri 4.0 Bagi Gaya Hidup Sehat Generasi Milenial (Telaah Survey Indeks Partisipasi Olahraga dan Kebugaran Generasi Milenial di Provinsi Jawa Tengah). “Pengembangan Iptek Keolahragaan Untuk Memajukan Generasi Milenial, 32.
Kurniawan, R., Kurniawan, A. W., Heynoek, F. P., & Widiati, P. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Melalui Pelatihan Flipped Classroom Bagi Guru Penjas. Jurnal KARINOV, 5(3).
Lauh, W. D. A. (2014). Dimensi olahraga pendidikan dalam pelaksanaan penjasorkes di sekolah. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 3(1), 83-93.
Nurlian, R. K. (2018). Pengaruh Penerapan Soccer Like Games Terhadap Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Pjok Materi Sepak Bola (Studi pada kelas X di SMA Negeri 1 Balen, Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 6(1).
Purnamasari, Y. (2016). Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Melalui Aktivitas Permainan Air di SMPN 2 Cimahi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. Diakses: 4 November 2022 dari www.depkes.go.id
Utomo, B. (2018). Upaya Menigkatkan Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Melalui Modifikasi Permainan Softball Untuk Siswa Kelas X IPA 5 SMAN 1 Porong. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 6(2).
Zulfikar, M. L., & Budiana, D. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(2), 86-91
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Zainal Amali