Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar panahan teknik Aiming dengan menerapkan gaya Self-check. Kemampuan bidikan dalam memanah yang dilakukan masih kurang baik dan perlu ditingkatkan. Maka dari itu, melalui gaya mengajar ini cukup menarik dilakukan karena lebih menuntut kemandirian. Respondennya adalah mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Mitra Karya sebanyak 36 orang dengan rincian 18 orang yang dijadikan sebagai objek untuk diberi perlakuan dan 18 orang lainnya sebagai kelas kontrol. Adapun analisis data menggunakan analisis statistika SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian perlakuan self-check style dibandingkan dengan gaya mengajar konvensional sebagai kelas kontrol dengan hasil uji independent sample t-test yang didapat nilai (Sig. 2-tailed ) 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan adanya perbedaan, dimana self check style lebih efektif dalam meningkatkan teknik aiming olahraga panahan.
References
Arisman, A., & Guntara, A. (2021). The Research Of Students’ Motor Ability In Archery Extracurricular. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 11(1), 13. https://doi.org/10.35194/jm.v11i1.1216
Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Sukabina Press.
Dewi, P. C. P., & Vanagosi, K. D. (2019). Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Panahan Pengkab Perpani Karangasem. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 101–111.
Fazari, I., Hendrayana, Y., & Juliantine, T. (2020). Analisis Reciprocal Teaching Style dan Self Check Style Terhadap Hasil Belajar dengan Menggunakan Systematic Literature Review Analysis of Reciprocal Teaching Style and Self Check Style of Learning Outcomes Using Systematic Literature Review. 20, 445–450.
James., & Aini, A. (2018). Metodologi Penelitian Kajian Dalam olahraga (Issue October).
Kolayiş, İ. E., & Mimaroğlu, E. (2008). The effects of heart rate and aiming time on performance in Turkish National Archery Team. Journal of Human Sciences, 5(1).
Parena, A. A., Rahayu, T., & Sugiharto. (2017). Manajemen Program Pembinaan Olahraga Panahan pada Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Jawa Tengah. Journal of Physical Education and Sports, 6(1), 1–6. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes%0A
Putra, I. M. (2018). Pengaruh Gaya Self Check Dan Convergent Terhadap Kemampuan Dribbling Pemain Sepakbola. 3(1).
Saptono, T., & Rozzaq, A. (2013). Perbedaan Pengaruh Metode Mengajar Reciprocal Dan Self Check Terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(2), 111–116. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3013
Sin, T. H. (2017). Bimbingan Motivasi bagi Mahasiswa pada Pembelajaran Bulutangkis. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. https://doi.org/10.29210/116700
Teofa, B. (2019). Effects of Dumbbell-Thera Band Exercise Towards the Arm Muscle Endurance and Archery Accuracy in Archery Athletes. Medikora, XVIII(2), 79–85.
Vanagosi, K. D. (2015). Analisis Kinesiologi Teknik Cabang Olahraga Panahan. 1(6), 1–27.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Arisman Arisman, Firmansyah Dlis, Rizka Antoni