“Lapak Sang”: kajian minat terhadap suatu permainan tradisional di Bangka Belitung
PDF

Keywords

Lapak Sang
permainan tradisional
koordinasi
pendidikan jasmani

How to Cite

Putra, D. S. (2023). “Lapak Sang”: kajian minat terhadap suatu permainan tradisional di Bangka Belitung. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(2), 107–114. https://doi.org/10.54284/jopi.v2i2.203

Abstract

Permainan tradisional “Lapak Sang” merupakan permainan yang sering dimainkan di daerah maupun di sekolah. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui minat siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Pangkalpinang terhadap permainan tradisional “Lapak Sang” yang ada di Bangka Belitung. Studi ini merupakan studi deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pangkalpinang, Bangka Belitung. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner minat siswa terhadap permainan tradisional. Teknik analisis data menggunakan analisis presentase. Hasil studi menunjukkan bahwa minat siswa terhadap permainan tradisional “Lapak Sang” untuk kategori sangat rendah sebanyak satu siswa (5%), kategori rendah sebanyak tiga siswa (15%), kategori sedang sebanyak enam siswa (30%), kategori tinggi sebanyak delapan siswa (40%), dan kategori sangat tinggi sebanyak dua siswa (10%). Kesimpulan, minat siswa terhadap permainan tradisional “Lapak Sang” dalam kategori sedang atau dapat dikatakan biasa saja. Permainan tradisional ini mengembangkan koordinasi dan kerjasama antar siswa. Studi lebih lanjut diperlukan agar permainan tradisional ini dapat berkembang dikalangan pelajar dan masyarakat secara luas.

https://doi.org/10.54284/jopi.v2i2.203
PDF

References

Abdurahman, A., Mulyani, S., & Ruskandi, K. (2021, November). Analisis Pengaruh Penggunaan Gadget pada Siswa Kelas V terhadap Perilaku Sosial dan Minat Belajar. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 17-27).

Aulia, W., Suryansah, S., & Januarto, O. B. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP: Literature Review. Sport Sci Health, 4(1), 94-102. http://journal3.um.ac.id/index.php/fik/article/download/1759/1356

Bidzan-Bluma, I., & Lipowska, M. (2018). Physical activity and cognitive functioning of children: a systematic review. International journal of environmental research and public health, 15(4), 800. https://doi.org/10.3390/ijerph15040800

De Greeff, J. W., Bosker, R. J., Oosterlaan, J., Visscher, C., & Hartman, E. (2018). Effects of physical activity on executive functions, attention and academic performance in preadolescent children: a meta-analysis. Journal of science and medicine in sport, 21(5), 501-507. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2017.09.595

Donnelly, J. E., Hillman, C. H., Castelli, D., Etnier, J. L., Lee, S., Tomporowski, P., Lambourne, K., & Szabo-Reed, A. N. (2016). Physical Activity, Fitness, Cognitive Function, and Academic Achievement in Children: A Systematic Review. Medicine and science in sports and exercise, 48(6), 1197–1222. https://doi.org/10.1249/MSS.0000000000000901

Ekayati, I. A. S. (2015). Pengaruh permainan tradisional “gobag sodor” terhadap kecerdasan intrapersonal dan interpersonal pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 2-8.

Hadi, P., Sinring, A., & Aryani, F. (2018). Pengaruh permainan tradisional dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa SMP. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 32-37. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4474

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60-73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Kusumawati, O. (2018). Pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan kemampuan gerak dasar siswa sekolah dasar kelas bawah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 124-142. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2221

Latif, M., Faozi, F., Bakhri, R. S., Harja, F., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Minat Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di SMAN 1 Cikembar. Physical Activity Journal (PAJU), 1(1), 82-90. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2005

Mashuri, H., & Pratama, B. A. (2019). Peran Permainan Tradisional Dalam Pendidikan Jasmani Untuk Penguatan Karakter Peserta Didik. Prosiding Semnas Tahun 2019" Kiprah Perempuan Dalam Keolahragaaan Menuju Pola Hidup Sehat, 39(1). Diambil dari http://ejournal.utp.ac.id/index.php/PROPKO/article/view/865

Nugraha, Y. A., & Manggalastawa, M. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 31-37. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p31-37

Pertiwi, D. A., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 86-100. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4883

Prantoro, G. (2015). Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Bakiak Dan Engklek Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan.

Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449-455. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.568

Saputri, R. D. R., & Setyawan, A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(1), 24-31. https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.109

Susanto, B. H. (2017). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Permainan Tradisional Untuk Membentuk Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 117-130. https://doi.org/10.21067/jmk.v2i2.2248

Syafriadi, S., Kusuma, L. S. W., & Yusuf, R. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. Reflection Journal, 1(1), 14-21. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Dian Sagara Putra

Downloads

Download data is not yet available.