Penerapan olahraga tradisional Makepung untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa
PDF

Keywords

Permainan tradisional
makepung
kebugaran jasmani

How to Cite

Bagiasa, I. K. (2023). Penerapan olahraga tradisional Makepung untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 3(1), 56–73. https://doi.org/10.54284/jopi.v3i1.242

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak penerapan olahraga tradisional Makepung terhadap hasil belajar peserta didik pada materi kebugaran jasmani dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan desain model DDAER yang diterapkan pada kelas IXA 9 dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pada materi kebugaran jasmani dengan penerapan olahraga tradisional Makepung. Dari hasil penelitian yang dilakukan hasil belajar kebugaran jasmani peserta didik meningkat, hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata (mean) pada siklus I sebesar 80.9 menjadi 86.8 pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 5.94% diatas KKM KD=70. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 79.4% menjadi 100% pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 20.59% dan sesuai kriteria ketuntasan klasikal (100%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan olahraga tradisional Makepung pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sangat efektif, terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

https://doi.org/10.54284/jopi.v3i1.242
PDF

References

Aulia, W., Suryansah, S., & Januarto, O. B. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP: Literature Review. Sport Science and Health, 4(1), 94–102. https://doi.org/10.17977/um062v4i12022p94-102

Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, 8(1), 71-80.

Damayanti, A. M. (2023). Evaluasi Pembelajaran. CV Basya Media Utama.

Dharmadi, M. A., Kanca, I. N., Parwata, I. G. L. A., Spyanawati, N. L. P., Semarayasa, I. K., Wijaya, M. A., Ariani, L. P. T., & Dartini, N. P. D. S. (2022). The Effect of Balinese Traditional Games “Megoak-goakan” and “Megala-gala” on Physical Agility in Martial Arts Athletes. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 10(3), 423–428. https://doi.org/10.13189/saj.2022.100308

Dlis, F. (2022). Filsafat Ilmu dalam Perspektif Pendidikan Jasmani dan Olahraga (Jemi Ilham (ed.)). CV. Dapur Kata Kita.

Ganesha, U. P., Gede, D., Divayana, H., & Ganesha, U. P. (2023). The Effect Of Augmented Reality Media And Motivation Towards Students ’ Learning Outcomes In Traditional Games. Synesis, 15(4), 206–219.

Giriwijoyo, S., Ray, H. R. D., & Sidik, D. Z. (2020). Kesehatan, olahraga, dan kinerja. Bumi Medika.

Gunawan, A. (2021). Modul Ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Untuk Jenjang Smp/M.Ts. Kemendikbud.

Hidayat, A. S., & Effendi, R. (2020). Teori Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Jasiah, J., Marselus, M., Marjuki, M., Taufiq, A., Berlianti, N. A., Wijayanti, A., Jakob, J. C., Pohan, M., Hamzah, H., Junaedi, J., Febriyanto, B., Basoeky, U., Haqiyah, A. & Nailissa’adah, N. A. (2021). Mahir menguasai PTK (penelitian tindakan kelas) dalam 20 hari. Indramayu: CV Adanu Abimata

Kusnandar, K., Purnamasari, D. U., Nurcahyo, P. J., & Darjito, E. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Banyumas Gol-Golan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal, 1(1), 18. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1996

Makorohim, M. F., Soegiyanto, M. S., Hidayah, T., & Rahayu, S. (2021). Eksistensi Permainan dan Olahraga Tradisional di Provinsi Riau (Vol. 1). Zahira Media Publisher.

Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Penjas Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dadap 2 Indramayu. Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 10(1), 44. https://doi.org/10.35194/jm.v10i1.941

Muhamad, Memet; Hanif, Achmad Sofyan; Haqiyah, A. (2021). Statistika dalam Pendidikan dan Olahraga. Rajagrafindo Persada.

Mulyana, Yusep; Lengkana, A. S. (2019). Permainan Tradisional. Salam Insan Mulia.

Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. DiVA Press (Anggota IKAPI).

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Permendikbud. (2016). Standar Kompetensi Lulusan No. 20 Tahun 2016. Kemendikbud, 3(2), 13–22.

Ridha Albaar, M. (2020). Desain Pembelajaran untuk menjadi Pendidik yang Profesional (Fungky (ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia.

Suherman. (2018). Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (A. Suroto; Mahendra, Agus; Hidayah, Taufiq; Komari (ed.); Jilid 3). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendibud.

Sukardi. (2009). Evaluasi Pendidikan Prinsip & Oprasionalnya. PT Bumi Aksara.

Yudha, R. P. (2020). Asesmen Unjuk Kerja Geometri. Deepublish.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 I Komang Bagiasa

Downloads

Download data is not yet available.