Abstract
Pembelajaran PJOK selama pandemi Covid-19 tidak dapat dilakukan di semua area karena harus mengikuti anjuran pemerintah menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Oleh karena itu pasti dalam penerapan dilapangan akan mendapatkan berbagai macam persoalan saat proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penyelesaian studi yakni literatur review dengan menggunakan database Google Scholar, Science Direct, dan Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI). Dengan kata kunci “physical education” “pendidikan jasmani” “PJOK” “pandemi covid-19” “sekolah dasar”, yang dipublikasikan rentang tahun 2020 sampai dengan tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) selama pandemi covid-19 di sekolah dasar yaitu pembelajaran melalui TVRI (Televisi Republik Indonesia), Pendidikan Jarak Jauh dengan Multimedia, yaitu video based learning, penggunaan Google Classroom, Aplikasi pengiriman pesan (WhatsApp dan WeChat) serta pelaksanaan pembelajaran hibrid (hybrid learning) atau blended learning. Sedangkan, kendala pembelajaran PJOK pada kondisi Covid-19 di sekolah dasar yakni penyusunan sumber belajar yang tepat, efisien, dan efektif. Meskipun telah menggunakan video tutorial, namun kurangnya hubungan interaktif antara guru dan siswa dalam pelajaran PJOK, membuat pembelajaran kurang optimal, gangguan suara dari aktivitas orang-orang di sekitar rumah, serta ketidaksiapan orang tua murid dalam membantu anak belajar secara daring.
References
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2021). Desain Pendidikan dan Teknologi Pembalajaran Daring di Era Revolusi Indistri 4.0 dan Society 5.0. Semarang: Qahar Publisher.
Ahsani, E. L., & Ayuningsih. (2020). Pengaruh Pembelajaran Melalui Program TVRI Terhadap Aspek Psikomotorik Siswa SD di Masa Pandemi Covid-19. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 2, 145-154. doi:DOI: 10.29240/jpd.v4i2.1594
Al-Hadidi, M. A. (2013). Effect of the Blended Learning in Students of the Faculty of Physical Education in the University of Jordan Acquiring the skill of Under Hand Passing of the Volley Ball. International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 3 No. 6 March, 245-254.
Alruwaih, M. E. (2015). Effect of Blended Learning on Student Satisfaction for Students of the Public Authority for Applied Education and Training in Kuwait. Science, Movement and Health, Vol. XV, Issue 2 , 442-448.
Baidhori, A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Blended Learning. Prosiding Seminar Nasional Profesional Tenaga Profesi, April, 228-236.
Bete, D. E. (2021). Efektivitas Penerapan Video Based Learning di Masa Pandemik Covid-19 Pada Pembelajaran Penjas di Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Volume 5, Nomor 1, Desember, 51-61. doi:http://doi: 10.31539/jpjo.v5i1.2911
Cahyo, A. D., A. W., Masri, & Santoso, N. (2021). Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Secara Online. Bravos, Volume 09, No.2, 83-96. doi:https://doi.org/10.32682/bravos.v9i2.1893
Cruickshank, V., Pill, S., & Mainsbridge, C. (2021). Just do some physical activity’: Exploring experiences of teaching physical education online during Covid-19. Issues in Educational Research, 31(1), 76-93.
Elina, Azhar, S., & Bahri, S. (2021). Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Masa Pandemi Covid-19 Kelas 2 di SDN Cibodas 2 Tangerang. Jurnal Halaqah, Vol. 3 No. 4 Oktober, 114-120.
Filiz, B., & Konukman, F. (2020). Teaching Strategies for Physical Education during the COVID-19 Pandemic. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, Volume 91 Number 9 November-December, 48-50. doi:https://doi.org/10.1080/07303084.2020.1816099
Friskawati, G. F., Karisman, V. A., Supriadi, D., & Stephani, M. R. (2020). Elementary School Physical Education Teachers’ Attitudes toward the Use of Mobile Learning during COVID-19 Pandemic. International Journal of Human Movement and Sports Sciences Vol. 9, No. 3, 488-494. doi:DOI: 10.13189/saj.2021.090314
Gobbi, E., Maltagliati, S., Sarrazin, P., Fronso, S. d., Colangelo, A., Cheval, B., . . . Carra, A. (2020). Promoting Physical Activity during School Closures Imposed by the First Wave of the COVID-19 Pandemic: Physical Education Teachers’ Behaviors in France, Italy and Turkey. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17, 1-15. doi:doi:10.3390/ijerph17249431
Herlina, & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education Volume 8, Nomor 1 Januari – Juni, 1-7.
Hidayatullah, F., & Anwar, K. (2020). Hybrid Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar dan Menengah Maupun Pendidikan Olahraga Perguruan Tinggi. Prosiding SENOPATI (Seminar Olahraga Pendidikan dalam Teknologi dan Inovasi), Vol. 1, No.1, 1-7.
Ihwanah, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid-19. JIEES, Vol. 1, No.2, Desember, 44-51. doi:https://doi.org/10.47400/jiees.v1i2.15
Jayul, A., & Irawanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, Vol. 6, No. 2, 190-199. doi:http://doi : 10.5281/zenodo.3892262
Kurniawan, M. T. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional S2 POR: Sukses Menulis Tugas Akhir di Era New Normal, 111-117.
Mercier, K., Centeio, E., Garn, A., Erwin, H., Marttinen, R., & Foley, J. (2021). Physical Education Teachers’ Experiences With Remote Instruction Physical Education Teachers’ Experiences With Remote Instruction. Journal of Teaching in Physical Education, Vol. 40, No.2, 337-342. doi:https://doi.org/10.1123/jtpe.2020-0272
Prabawa, I. K., Satyawan, I. M., & PutuSpyanawati, N. L. (2021). Pengembangan Video Permainan PJOK Berbasis Tematik (tema kegemaranku) untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia, Volume 1, Nomor 1, 11-26. doi:https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3
Varea, V., González-Calvo, G., & García-Monge, A. (2021). Exploring the Changes of Physical Education in The Age of Covid-19. Phsysical Eucation and Sport, Vol. 27, No. 1, 32-42. doi:https://doi.org/10.1080/17408989.2020.1861233
Webster, C. A., D’Agostino, E., Urtel, M., McMullen, J., Culp, B., Loiacono, C. A., & Killian, C. (2021). Physical Education in the COVID Era: Considerations for Online Program Delivery Using the Comprehensive School Physical Activity Program Framework. Journal of Teaching in Physical Education, 1-10.
Wulandari, R., Widiatsih, A., & Muarif, S. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Penilaian Autentik Studi Kasus SD Negeri Sidomulyo 05 Silo Kabupaten Jember. Rekayasa: Vol.13, No.2, 187-196. doi:DOI: https://doi.org/10.21107/rekayasa.v13i2.5904
Zheng, W., Ma, Y.-Y., & Lin, H.-L. (2021). Research on Blended Learning in Physical Education During the COVID-19 Pandemic: A Case Study of Chinese Students. SAGE Open October-December, 1-12. doi:DOI: 10.1177/21582440211058196
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Ahmad Farid Mustafa