Abstract
Prestasi hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi dan faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah. Tujuan dari studi ini adalah untuk menyelidiki apakah ada keterkaitan antara motivasi pemilihan program studi dengan keberhasilan pencapaian hasil belajar pada mahasiswa keolahragaan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan populasi penelitian adalah mahasiswa PJKR FIK UM berjumlah 82 mahasiswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive propotionate random sampling dengan porsi 90% sehingga sampel berjumlah 74 mahasiswa. Data dianalisis dengan teknik Korelasi Produc Moment dari Pearson, uji prasyarat meliputi uji normalitas, homogenitas, dan lineritas garis regresi. Hasil uji rhit 0,700 dan Sig.p = 0,000. Kesimpulannya, motivasi dalam pemilihan program studi cukup signifikan dalam meraih hasil belajar yang optimal pada mahasiswa keolahragaan. Guru di Sekolah Menegah Atas (SMA) dan orang tua perlu memberikan wawasan mengenai pentingnya melanjutkan studi di perguruan tinggi dan pentingnya memilih program studi yang tepat sesuai motivasi siswa.References
Akbar, A. A. Hubungan Antara Motivasi Dalam Memilih Jurusan IPA Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 1 Poleang Kabupaten Bombana. Skripsi (Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Negeri Alauddin Makassar, 2015), h, 73-74. https://core.ac.uk/download/pdf/225796634.pdf
Arhesa, S. (2020, November). Pengaruh Model Pembelajaran Directive Instruction Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Renang Gaya Dada. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 864-869). https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/397
Asnaldi, A., FIK-UNP, Z., & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68–75. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167
Basuki, S. (2017). Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Olahraga Dan Sarana Prasarana Pendukung Pada Universitas Lambung Mangkurat. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1), 1-15. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659
Faradila, R., Pramono, A., & Firmansyah, M. (2020). Hubungan Motivasi Dan Strategi Belajar Terhadap Indeks Prestasi Semester Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Bio Komplementer Medicine, 7(1), 1–7. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jbm/article/view/6636
Herawati, H., & Husaini, B. (2021). Hubungan Iklim Sekolah Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa di Sma Negeri 1 Rikit Gaib. Journal of Education Science, 7(2), 119-137. https://doi.org/10.33143/jes.v7i2.1675
Herpratiwi. (2016). Buku Teori Belajar dan Pembelajaran. In Media Akademi.
Indriawati, Buchori, I., Acip, Sirrulhaq, S., & Solihutaufa, E. (2021). Model Dan Strategi Pembelajaran. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal. https://doi.org/10.51729/6246
Lestari, E. T. (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Deepublish.
Lukman, L. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Fungsi Kuadrat Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 171-189. http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v4i2.8779
Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya.
Mona, S., & Yunita, P. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Menara Ilmu, 15(2), 117–125. https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2410
Munirah, M. (2018). Prinsip-Prinsip Belajar Dan Pembelajaran (Perhatian dan Motivasi, Keaktifan, Keterlibatan Langsung, Pengulangan, Tantangan dan Perbedaan Individu). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a10.2018
Natalia, D., Sugiyanto, S., & Kiyatno, K. (2016). Partisipasi masyarakat dan tingkat kebugaran jasmani bagian dari pembangunan olahraga Kabupaten Wonogiri. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 6(2), 41-46. https://doi.org/10.15294/miki.v6i2.8746
Navida, I., Fakhriyah, F., & Kironoratri, L. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 11–21. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i1.1366
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 128-135. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Parnawi, A. (2018). Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Fenomena, 10(1), 27-40. https://doi.org/10.21093/fj.v10i1.1180
Pramesti, G. (2017). Analisis Korespondensi Motivasi Mahasiswa Dalam Perkuliahan. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 88–96. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.250
Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14.
Putri, D. T. N., & Isnani, G. (2015). Pengaruh minat dan motivasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen), 1(2), 118-124.
Putri, N. C. V. P. (2022). Hubungan antara nilai rerata rapor pjok sma/smk dan motivasi memilih prodi dengan prestasi belajar mata kuliah praktik semester genap 2020/2021 pada mahasiswa angkatan 2020 prodi pjkr fik-um/NAMIRA CAHNDRA VANESHA PUTRI (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Rubiana, I. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Kuliah Penjas Adaptif Melalui Pembelajaran Student Center Learning Dengan Menggunakan Model Role Play And Simulation. JURNAL PRESTASI, 1(2), 47-52. https://doi.org/10.24114/jp.v1i2.8072
Sukmawati, B. (2019). Motivasi Mahasiswa Memilih Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB). Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 8–14. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.573
Udayani, N. M. K., Agustini, K., Si, M., & Divayana, D. G. H. (2017). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Minat Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(2), 267–276.
Uno, B. H. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya. Personnel Review.
Wibowo, R., Hasibuan, S., & Valianto, B. (2021). Pengaruh motivasi berprestasi, penyesuaian diri dan manajemen waktu terhadap tingkat stres pada mahasiswa FK UNIMED. Jurnal Pedagogik Olahraga, 7(2), 1–5.
Wulandhari, Y. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020. JOMIS (Journal of Midwifery Science), 5(2), 106–115. https://doi.org/10.36341/jomis.v5i2.1677
Yani, Y., & Sari, P. I. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar terhadap hasil Belajar Siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Jambi. SJEE (Scientific Journals of Economic Education), 6(1), 74-89. http://dx.doi.org/10.33087/sjee.v6i1.119
Yuliawan, A. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Latar Belakang Pendidikan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian. https://doi.org/10.26576/profesi.132
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Siti Nurrochmah, Meilenia Naura Megananda