Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi serta wawancara yang dilaksanakan sang peneliti, bahwa materi kebugaran jasmani di Siswa Menengah Pertama (SMP) Kota Malang memerlukan pengembangan yang dapat membantu pengajar dalam menyampaikan materi pada peserta didik SMP dengan lebih menarik perhatian dan dapat memudahkan siswa. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa aplikasi yang berisi materi kebugaran jasmani yang bernama iSpring Suite. Peneliti menggunakan metode penelitian serta pengembangan pembelajaran dengan memakai contoh research and development dengan memakai 8 tahapan yaitu: 1) Analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, dan 8) produk akhir. Dengan menggunakan kajian deskriptif kuantitatif dan menggunakan persentase, terdapat hasil dari uji validitas sang pakar pembelajaran memperoleh persentase 71%, ahli kebugaran jasmani 88%, dan ahli media 97,6%. Hasil dari penilaian yang melibatkan 40 guru anggota Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kota Malang, mendapatkan persentase 92,2% kelompok kecil, dan mendapatkan persentase 88% grup besar. Sesuai dengan akibat analisis data yang sudah dimiliki maka mendapatkan kesimpulan bahwa produk pengembangan pembelajaran materi kebugaran jasmani berbasis aplikasi ini sangat valid serta dapat dipergunakan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SMP di Kota Malang.References
Al-Jamil, A. H., Sugiyanto, S., & Sugihartono, T. (2018). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Pondok Pesantren Di Kota Bengkulu. Kinestetik, 2(1), 118–125. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9196
Amirzan, A., Kasih, I., & Marpaung, D. R. (2020). Pengembangan Prototipe Bicycle Static dalam Meningkatkan Kebugaran Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 251-272. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.2184
Anshori, S. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.
Aprianto, R. (2018). Pengembangan Aplikasi Web Mobile Penjadwalan Tugas Aparatur Desa Untuk Meningkatkan Layanan Masyarakat. Jtksi, 01(03), 81–86. Retrieved from http://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/jtksi/article/view/663
Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) Terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Al-Mudarris: Journal of Education, 1(1), 22-29. http://dx.doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96
Ardilla, M. W., Lokananta Teguh Hari, Kurniawan, A. W., & Mu’arifin, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sepakbola Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(4), 167–179. https://doi.org/10.17977/um062v3i42021p167-179
Asdar, M. (2019). Survei tingkat kebugaran jasmani atlet pada club atletik fik unm. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassarr, 1–16.
Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131–147. Retrieved from https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/1913/1423
Dewi, R., & Rifki, M. S. (2020). Pengaruh senam aerobik terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa. Jurnal Stamina, 3(6), 398-416. http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/516
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media. (March). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/315105651
Fajar, D. A. (2020). Penggunaan Media Visual dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(1), 1. https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i1.627
Faqih, A. (2017). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Se-Gugus Selatan Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 385–390. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/download/19597/17914
Firdaus, R. I., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif Di Sma Negeri 1 Turen. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 130. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p130-143
Gumantan, A. (2020). Pengembangan Aplikasi Pengukuran Tes kebugaran Jasmani Berbasis Android. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(2), 196-205. https://doi.org/10.24114/jik.v19i2.21828
Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1792
Irfan, R., & Komaini, A. (2019). Pengembangan Aplikasi Tes Kebugaran Jasmani Indonesia Berbasis Android. Jurnal Stamina, 2(6), 67-76. http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/137
Kayandra, Y., & Agustin, F. (2020). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM) Pengenalan Danau Di Indonesia Berbasis Android. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(1), 1231–1240.
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80. Retrieved from http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893
Kusuma, N. R., Mustami, M. K., & Jumadi, O. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 Pada Konsep Sistem Ekskresi Di Sekolah Menengah Atas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Maidar. (2017). Model Pendekatan Bermain Dalam Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Tunarungu. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 03(4), 829–842.
Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2020). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.31949/jb.v1i2.234
Nurmaesah, N., Lestari, T., & Retno Mariana, A. (2017). Aplikasi Steganografi Untuk Menyisipkan Pesan Dalam Media Image. Technology Acceptance Model, 8(1), 13–17.
Purnama Sari, M., & Ridwan, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran IPA Kelas IX Di SMP Negeri 5 Panyabungan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), 216–223. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3660
Qomariyah, I. N., & Mistianah. (2021). Pengembangan Meida iSpring Suite 8 Dengan Model Think Pada Mata Kuliah Genetika. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(02), 103–113.
Rafi, S., Gani, R. A., & Iqbal, R. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Berbasis Multimedia Interaktif Sekolah Menegah Atas Kabupaten Indramayu Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 11(1), 15-36.
Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(1), 78–92. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11692/5123
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165.
Rodianto. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran “Basa Samawa” Berbasis Android. Jurnal Tambora, 3(3), 11–19. https://doi.org/10.36761/jt.v3i3.389
Sesfao, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani (PenelitianTindakan Kelas di kelas VII-G SMP Negeri 14 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 5(3), 31-36. http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i3.1532
Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113–121. Retrieved from http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/425
Sugiono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Bandung: Penerbit ALFABETA.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sumargono, S., Susanto, H., & Rachmedita, V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbantuan ISpring Suite 6.2 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(1), 82–99. https://doi.org/10.17977/um033v2i12019p082
Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136
Syifani, D., & Dores, A. (2018). Kelurahan. Aplikasi Sistem Rekam Medis Di Puskesmas Kelurahan Gunung Dita, 9(September 2018), 1–10.
Yanti, S. F. (2017). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur. Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, Pekanbaru, 4(1), 1–13. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/183768-ID-partisipasi-masyarakat-dalam-pelaksanaan.pdf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Dinar Maudri Lestari, Ari Wibowo Kurniawan