Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar
PDF

Keywords

Video permainan
PJOK
pembelajaran tematik

How to Cite

Prabawa, I. K. R., Satyawan, I. M. ., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(1), 11–26. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Video Permainan PJOK Berbasis Tematik (Tema Kegemaranku) Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dimana prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.  Tetapi dalam penelitian ini hanya akan dilakukan hingga tahap development karena situasi pandemi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini merupakan sebuah media audio visual atau video tentang  tutorial Permainan PJOK Berbasis Tematik (Tema Kegemaranku) Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Analisis data dan pembahasan yang diperoleh, yaitu (1) penilaian dari ahli isi mata pelajaran menyatakan bahwa Video Permainan PJOK Berbasis Tematik (Tema Kegemaranku) Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar berada pada kualifikasi sangat baik dengan persentase 92%, (2) penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 97,5 % berada pada kualifikasi sangat baik, (3) penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase 96,3 % berada pada kualifikasi sangat baik, (4) penilaian dari praktisi lapangan berada pada kualifikasi sangat baik dengan persentase 95,2 %. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan untuk menunjang pembelajaran di sekolah dasar. Disarankan untuk guru di sekolah dasar menggunakan media ini sebagai media pembelajaran di sekolah.

https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3
PDF

References

Barus, Y. K., & Djukri, D. (2013). Pengembangan Buku Teks Tematik Tema Permainan Untuk Kelas Iii Sdn Tridadi Sleman Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 222–234. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2638

Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34-49.

Hidayat, W. A., & Harjono, N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(11), 1452-1464. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/644

Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran Tematik. PT. Raja Grafindo Persada.

Kardiawan, I. K. H., Satyawan, I. M., & Ariawan, K. U. (2018). Pengembangan Perangkat Alat Ukur Kekuatan Servis Bola Tenis Lapangan Berbasis Sensor Digital. Seminar Nasional Riset Inovatif 2018, 183–185.

Krissandi, A. D. S. (2018). Pengembangan video tematik sebagai pengantar pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 68. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233

Mukmin, B. A., & Primasatya, N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 211–226. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13854

Mustikasari, G., Wijayanti, A., & Agustini, F. (2021). Pengembangan Media Video Berbasis Pendekatan Kontekstual Tema 7 Sub Tema 1 Kelas IV SDN Mranggen 2 Demak. Wawasan Pendidikan, 1(2), 150-160.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970

Pradana, D., Abidin, Z., & Adi, E. (2020). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter untuk Siswa SDLB Tunarungu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 96–106. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p096

Putri, F. C., & Erita, Y. (2021). Pengembangan Media Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 41 Lubuklinggau. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2118-2129. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3693

Rahmah, D. A., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2011-2023. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3650

Spyanawati, L., & Lesmana, I. K. Y. . (2016). Pengaruh Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Dasar Senam Lantai Pada Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 97. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8932

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Undiksha.

Winarno, M. E. (2006). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 I Kadek Radita Prabawa, I Made Satyawan, Ni Luh Putu Spyanawati

Downloads

Download data is not yet available.