Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) terhadap hasil belajar service bawah permainan bolavoli
PDF

Keywords

Implementasi
Team Game Tournament (TGT)
servis bawah
bolavoli

How to Cite

Bargas, Y., Arifin, Z., & Permadi, A. A. (2024). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) terhadap hasil belajar service bawah permainan bolavoli. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 4(1), 1–13. https://doi.org/10.54284/jopi.v4i1.350

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar service bawah siswa dalam permainan bolavoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). 13 siswi perempuan terlibat sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes service bawah dengan metode AAHPER. Pada prasiklus, hasil belajar service bawah siswa putri menunjukkan nilai rata-rata 56,53 dengan kriteria kurang. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 69,23 dengan kriteria cukup, menunjukkan peningkatan sebesar 12,69. Selanjutnya, dari siklus I ke siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi dari 69,23 menjadi 81,53 dengan kriteria baik, menunjukkan peningkatan sebesar 25 poin dari prasiklus ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa dari prasiklus ke siklus I dan siklus II, dengan peningkatan terbesar terjadi pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar servis bawah siswa dalam permainan bolavoli. Model TGT berhasil meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa, sehingga dapat direkomendasikan sebagai metode yang efektif untuk pembelajaran servis bawah dalam bolavoli.

https://doi.org/10.54284/jopi.v4i1.350
PDF

References

Altun, S. (2015). The effect of cooperative learning on students’ achievement and views on the science and technology course. International Electronic Journal of Elementary Education, 7(3), 451-468. https://www.iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/91

Alfyanti, A., Siregar, F. H., Padang, I. N., Ginting, J. R., Melati, S. A., & Siregar, F. S. (2024). Pentingnya Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan bagi Anak Sekolah Dasar. JETBUS: Journal of Education Transportation and Business, 1(1), 26-33. https://doi.org/10.57235/jetbus.v1i1.2722

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Astutik, T., & Abdullah, M. H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.

Fatria, F. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 138-144. https://doi.org/10.32696/ojs.v2i1.158

Gull, F., & Shehzad, S. (2015). Effects of cooperative learning on students’ academic achievement. Journal of education and learning (EduLearn), 9(3), 246-255.

Guntur, O. (2009). Peranan Pendekatan Andragogis Dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2), 10–18. http://dx.doi.org/10.21831/jpji.v6i2.436

Harsono. (2015). Kepelatihan Olahraga. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Herawati, A., Abduloh, A., & Resita, C. (2021). Motivasi Belajar Siswa dalam Meningkatkan Pembelajaran Bola Voli Passing Bawah di Kelas VIII SMPN 1 Pondoksalam Purwakarta. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4456

Hidayat, R. A., Permadi, A. A., & Hermawan, I. (2022). Pengaruh Latihan Reaksi terhadap Performance Goalkeeper. Jurnal Porkes, 5(1), 178–188. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5187

Indahwati, N., & Utomo Putra, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah dan Passing Atas Bola Voli Pada Kelas VII di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 07(01), 15–18. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/25931

Irfandi, Sugiyanto, & Kristiyanto, A. (2015). Pengembangan Model Latihan Teknik Servis Bawah, Servis Atas Dan Cekis Dalam Bolavoli. Jurnal Penjaskesrek, 2(2), 22–50. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v2i2.907

Kuswoyo, C. Y. (2013). Meningkatan hasil belajar passing bawah bola voli mini melalui permainan bola berantai pada Siswa kelas V SD Negeri Tengaran 01 Kec. Tengaran Kab. Semarang Tahun 2013. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Listari, F. F. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembalajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1), 136-140.

Mulyani, R., Djumhana, N., & Syaripudin, T. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif team games tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 38-45. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/14067

Rifan, A., Permadi, A. A., & Arifin, Z. (2023). Latihan First Touch Terhadap Keterampilan Dasar Sepak Bola. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(2), 99-109. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsc/article/view/18897

Rihatno, T., & Gunawan, G. (2018). Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Melalui Media Pembelajaran Bola Modifikasi. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 9(1), 48–55. https://doi.org/10.21009/GJIK.091.04

Sumbodo, P. P. (2016). Penerapan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Bolavoli Pada Siswa Kelas XI TSM SMK Murni 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Syaiful Bahri Djamarah, A. Z. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tiya, K. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 177–190.

Wibisono, R., Kartiko, D. C., & Hartoto, S. (2018). Improve the motivation of learning and learning outcomes passing down volleyball through cooperative learning model. Journal of Physical Education Health and Sport, 5(2), 39-45. https://doi.org/10.15294/jpehs.v5i2.14954

Yunus, M. (1992). Olahraga Pilihan Bolavoli. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Yangwar Bargas, Z Arifin, Asep Angga Permadi

Downloads

Download data is not yet available.