Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan aktivitas jasmani dalam meningkatkan kemampuan motorik anak usia 8-9 tahun di tingkat Sekolah Dasar. Observasi menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam tes kelincahan Illinois Agility akibat minimnya aktivitas fisik yang menarik. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan berbasis permainan untuk meningkatkan keterampilan motorik dan membuat pembelajaran lebih efektif serta menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development Sugiyono dengan subjek 30 siswa pada uji coba kelompok kecil dan 60 siswa pada uji coba kelompok besar. Data dikumpulkan melalui angket/kuesioner yang diberikan kepada ahli dan siswa, serta dianalisis menggunakan teknik kuantitatif persentase. Validasi dilakukan oleh ahli materi, permainan, dan bahasa. Hasil validasi desain produk oleh ahli memperoleh rata-rata 84% (Valid), uji coba kelompok kecil 77% (Layak), dan validasi desain produk 91% (Valid). Uji coba kelompok besar menghasilkan nilai rata-rata 89% (Sangat Layak). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari Layak menjadi Sangat Layak, sehingga model permainan ini dapat digunakan sebagai pendekatan efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik anak usia 8-9 tahun di Sekolah Dasar.
References
Ali, L. & Muhammadong. (2022). Humans: Must And Possibility of Education. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i1.336
Anam, K., Sadli, M., & Wijaya, H. (2024). Analysis of Artificial Intelligence (AI) Utilization for Improving Motor Skills Learning Outcomes among Elementary School Teacher Education (PGSD) Students. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 202–209. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i2.2492
Andhika, D. A., Prayoga, A. S., & Darumoyo, K. (2022). Meningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Sederhana. Jurnal Porkes, 5(1), 57–65. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1
Anjelina, L. M., Supriatna, S., & Fadhli, N. R. (2022). Survey of Physical Activity Levels in Early Childhood. Physical Education and Sports: Studies and Research, 1(1), 21-28. https://doi.org/10.56003/pessr.v1i1.83
Aryanti, S., & Ramadhan, A. (2021, January). The Fitness Level of Physical Education Student. In 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020) (pp. 463-466). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.148
Baldonado, N. N., Demot, A. M. L., Villaflores, P. J. A., Dayag, G. G., Buado, E. L., Ramos, C. V., Cruz, G. V. T. D., & Martinez, R. G. (2022). Physical Activity Participation of Persons Deprived of Liberty in Santiago City District Jail, Philippines. Physical Education and Sports: Studies and Research, 1(2), 91-106. https://doi.org/10.56003/pessr.v1i2.114
Echenique, C. R. (2023). What We Believe Is Imperative for Education in Latin America. Education Journal, 12(2), 59-62. https://doi.org/10.11648/J.Edu.20231202.12
Gustian, U., Supriatna, E., & Purnomo, E. (2019). Efektifitas modifikasi permainan tradisional dalam pengembangan physical literacy anak taman kanak-kanak. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 23-33. https://doi.org/10.21831/jk.v7i1.22166
Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas, 4(1), 52-64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985
Limano, F., & Setiawan, P. A. (2019). Game Developer Competition Between USA and China. Journal of Games, Game Art, and Gamification, 4(2), 37-43. https://doi.org/10.21512/jggag.v4i2.7462
Ningrum, N. F. M., & Sukoco, P. (2017). Pengembangan model permainan untuk meningkatkan perseptual motorik dan perilaku sosial siswa sekolah dasar kelas bawah. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 171-182. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.7905
Pambayu, S. H. (2021). Pengembangan Model Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Sederhana Untuk Meningkatkan Kecepatan Dan Kelincahan Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Bawah. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahayu, N. I., Monica, A. D., Jajat, J., & Sultoni, K. (2021). Hubungan physical activity dengan fine motor skills pada anak usia 4 tahun. Jurnal Keolahragaan, 9(1), 118-127. https://doi.org/10.21831/jk.v9i1.34156
Renna, H. R. P. (2022). Konsep pendidikan menurut John Locke dan relevansinya bagi pendidikan sekolah dasar di wilayah pedalaman papua. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 7-16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1698
Rohmansyah, N. A., Mawarti, S., & Hiruntrakul, A. (2022). The effect of teaching style on affective and cognitive motivation in physical education. Jurnal Keolahragaan, 10(2), 147-156. https://doi.org/10.21831/Jk.V10i2.41399
Samsiah, S. (2018). Permainan Catch Me Menstimulasi Perkembangan Anak. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2), 13-16.
Sembiring, I. (2019). Pengaruh Game Sirkuit Terhadap Kebugaran Fisik Pada Kelas 5 Siswa Sekolah Dasar Tahun 2015. Jambura Journal Of Sports Coaching, 1(2), 63–72. https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i1.2358
Stevens, T. A., To, Y., Stevenson, S. J., & Lochbaum, M. R. (2008). The Importance Of Physical Activity And Physical Education In The Prediction Of Academic Achievement. Journal Of Sport Behavior; Mobile, 31(4), 368–388.
Sudarwo, R., Kurniawan, E., Irmansyah, J., Mujriah, M., & Esse, B. R. N. (2023). The effectiveness of Lombok traditional games on increasing physical literacy of elementary school. Jurnal Keolahragaan, 11(1), 95-103. https://doi.org/10.21831/jk.v11i1.58316
Sudjana. (2005). Metoda Statistika (6th ed.). Tarsito.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & pengembangan Research and Development (Sofia Yustiyani Suryandari (ed.); 4th ed.). ALFABETA.
Sumaryanti, S., Nugroho, S., Visalim, A., & Ndayisenga, J. (2022). Development of physical fitness test for mild intellectual disabilities aged 13-15 years. Jurnal Keolahragaan, 10(2), 227-238. https://doi.org/10.21831/jk.v10i2.50764
Wati, E. Pengembangan Permainan Aktivitas Jasmani Dalam Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Permata Bunda Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
Yudanto, Y., Alim, A. M., & Nasrulloh, A. (2021). Perceptual motor test for children 5-6 years old. Jurnal Keolahragaan, 9(1), 9-17. https://doi.org/10.21831/jk.v9i1.30968
Zuhdi, A., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). The importance of education for humans. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6 (1), 22. https://doi.org/10.23916/08742011

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Miftahul Irfanda Harahap, Sabaruddin Yunis Bangun, Muhammad Diansyah Ritonga