Abstract
Servis pendek merupakan teknik dasar yang sangat penting dalam bulu tangkis. Hasil pengamatan peneliti terhadap proses pembelajaran bulu tangkis di Sekolah Menengah Atas Plus Al-Fatimah Bojonegoro menunjukkan bahwa hasil belajar 10 dari 25 siswa tidak lengkap dalam mempelajari servis pendek dalam bulu tangkis. Pendekatan pembelajaran berbasis masalah menekankan pemecahan masalah dan pembelajaran mandiri, sehingga siswa dapat lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan hasil belajar jangka pendek dalam bulu tangkis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah siswa SMA Plus Al-Fatimah Bojonegoro pada tahun ajaran 2023-2024, khususnya siswa kelas X IPA 1, sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian pada Siklus 1 menunjukkan bahwa 32% siswa berhasil menguasai servis pendek bulu tangkis, sementara 68% belum berhasil. Sebaliknya, pada Siklus 2, terdapat peningkatan, dengan 89% siswa berhasil menguasai servis pendek bulu tangkis, dan 11% belum berhasil. Dari hasil ini, terlihat bahwa pendekatan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar dalam servis pendek bulu tangkis. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan referensi baru bagi pembelajaran pendidikan jasmani, dengan memberikan rekomendasi melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar servis pendek bulu tangkis.
References
Amini, I., & Rofilah, R. (2023). Teacher’s Effective Strategy in Overcoming Student Learning Saturation. Maharot: Journal of Islamic Education, 7(1), 41–51. http://dx.doi.org/10.28944/maharot.v7i1.1085
Ardyanto, S. (2018). Peningkatan teknik servis pendek pada bulutangkis melalui media audio visual. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 4(3), 21-32.
Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1), 78-92. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Astuti, N. P. T., Bayu, W. I., & Destriana, D. (2022). Indeks massa tubuh, pola makan, dan aktivitas fisik: apakah saling berhubungan? Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 154–167. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.99
Burhaein, E. (2017). Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51–58. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497
Da’i, M., Apriyanto, R., Aliriad, H., Nahdlatul Ulama Sunan Giri, U., & Negeri Semarang, U. (2023). Pengaruh Peran Orang Tua Dan Pelatih Terhadap Pembentukan Karakter Atlet Usia 15 Tahun. 10(2), 182–191. https://doi.org/10.29407/nor.v10i2.21853
Da’i, M., Cahyani, O. D., & S, A. (2021). Motivation In Physical Education (PE) Learning Through Online System. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(1), 102–110. https://doi.org/10.33369/jk.v5i1.14436
Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 89–95. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30131
Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh problem-based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10446
Larassary, A., & Wulandari, S. (2022). Optimalisasi pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan model project-based learning dengan media Instagram pada masa new-normal. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.54284/jopi.v2i1.149
Luo, Y.-J. (2019). The influence of problem-based learning on learning effectiveness in students’ of varying learning abilities within physical education. Innovations in Education and Teaching International, 56(1), 3–13. https://doi.org/10.1080/14703297.2017.1389288
Mustafa, A. F. (2022). Gambaran pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) selama pandemi covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 213–225. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.25
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Prabandaru, R. D., Lismadiana, L., & Nanda, F. A. (2020). Problem-based learning approach to improve service skills of badminton in physical education learning. International Journal of Education and Learning, 2(1), 14–24. https://doi.org/10.31763/ijele.v2i1.74
Prasetyo, Y. (2015). Kesadaran Masyarakat Berolahraga untuk Peningkatan Kesehatan Dan Pembangunan Nasional. MEDIKORA, 11(2). https://doi.org/10.21831/medikora.v11i2.2819
Rahadhi, D. S., Kusdinar, Y., Awwaludin, P. N. ., & Mulyana , M. . (2025). The effect of resistance band training on the forehand smash speed of youth male badminton singles players. Physical Education and Sports: Studies and Research, 4(1), 60-70. https://doi.org/10.56003/pessr.v4i1.524
Rahayu, E. T. (2021). Efektifitas penggunaan inovasi media pembelajaran rope ladder physical activity dalam meningkatkan minat belajar anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 62–74. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v7i1.7657
Rubiyatno, R., & Suryadi, D. (2022). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bulutangkis di MTs Mujahidin Pontianak. Musamus Journal of Physical Education and Sport, 4(2), 140–149. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.2074
Rusdiana, A., Abdullah, M. R. Bin, Syahid, A. M., Haryono, T., & Kurniawan, T. (2021). Badminton overhead backhand and forehand smashes: A biomechanical analysis approach. Journal of Physical Education and Sport, 21(4), 1722–1727. https://doi.org/10.7752/jpes.2021.04218
Setiawan, A., & Dermawan, G. (2014). Penerapan media audio visualterhadap peningkatan teknik servis pendek backhand ekstrakurikuler bulutangkis siswa putera smp intan permata hati surabaya (Studi pada Siswa Putera SMP Intan Permata Hati Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(2), 341–344. https://doi.org/10.31351/jpok.v5i4.354
Subarjah, H. (2010). Hasil belajar keterampilan bermain bulutangkis studi eksperimen pada siswa diklat bulutangkis FPOK-UPI. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.31121/jcp.v4i2.3584
Suganda, G., & Ninin, R. H. (2021). Analisis Terhadap Kebahagiaan Ibu Dengan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–172. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i2.7687
Suroto, S., Prakoso, B. B., Ridwan, M., & Juniarisca, D. L. (2021). Berpikir kritis dan hubungannya dengan prestasi akademik calon guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(1), 46–59. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.5
Suryadi, A. (2022). Desain Pembelajaran: Sebuah Pengantar. CV Jejak (Jejak Publisher).
Suryadi, D., & Rubiyatno, R. (2022). Kebugaran jasmani pada siswa yang mengikuti ekstrakulikuler futsal. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v5i1.51718
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Suwandaru, C., & Hidayat, T. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 113–119. https://doi.org/10.31351/jpok.v5i4.734
Wibowo, R. N. A. T., Kusumawardhana, B., & Dwipradipta, G. (2021). Survei aktivitas fisik mahasiswa prodi Pjkr Universitas Pgri Semarang angkatan 2017 pada masa pandemi covid-19. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(2), 217–229. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i2.129
Yane, S. (2016). Peningkatan servis panjang bulutangkis melalui model problem based learning. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(2), 165–174. https://doi.org/10.31571/jpo.v5i2.384

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Mohamad Dai
