Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kemampuan biomotorik siswa kelas IV Sekolah Dasar se-Malang Raya. Studi ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data berupa tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah dasar kelas empat dari 6 sekolah dasar yang tersebar di Kota Malang dengan total siswa 318 siswa laki-laki dan perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi dari tes pemanduan bakat sport search. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase. Hasil dalam penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan motorik siswa kelas IV di Sekolah Dasar SDN Tunggul Wulung III memperoleh skor persentase 57,56 masuk pada kategori “sedang”, SDIT Insan Permata memperoleh skor persentase 51,68 masuk pada kategori “sedang”, MI Nurul Ulum memperoleh skor persentase 51,11 masuk pada kategori “sedang”, SDN Bareng I memperoleh skor persentase 44,54 masuk pada kategori “sedang”, SDN Sumbersari II memperoleh skor persentase 45,56 masuk pada kategori “sedang”, SDN Polehan III memperoleh skor persentase 41,20 masuk pada kategori “sedang”.
References
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.
Bilge, M., & Deliceoglu, G. (2014). The Effects of Training Frequency on Development of Some Biomotor Abilities in Children. International Journal of Academic Research, 6(2), 57–61. https://doi.org/10.7813/2075-4124.2014/6-2/b.9
Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. A. (2019). Peridization: Theory and Methodology of Training.United States: Human Kinetics.
Bompa, Tudor O. (2012). Theory and Methodology of Training. Toronto: Kendall/ Hunt Publishing Company.
Burhanuddin, S., Ihsan, A., Jumareng, H., & Anugrah, B. A. (2021). Biomotor, Psychomotor, and Anthropometry as Determiners of Sport Talent Scouting at Secondary Schools: Analysis of Dominant Determinants of Sports Talent at Secondary Schools in Indonesia. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 18(4), 3426–3444. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/6832
Depdiknas. (2022). Seleksi dan Penelusuran Minat dan Bakat Olahraga. Direktorat Olahraga Pelajar Dan Mahasiswa Direktorat Jendral Olahraga Departemen Pendidikan Nasional.
Enoka, R. M. (2008). Neuromechanics of Human Movement. United States: Human Kinetics.
Gallahue, D. L., Ozmun, J. C., & Goodway, J. D. (2019). Understanding Motor Development Infants, Children, Adolescents, Adults. New York: McGraw-Hill Companies.
Hasmara, P. S., & Ma’arif, I. (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V SDN Centong Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto pada Era New Normal. Jurnal PHEDHERAL, 19(1).
Humaedi, Wahyudi, A. S. B. S. E., & Gunawan. (2023). Biomotor Atlet Elit pada Olahraga Unggulan Biomotors of Elite Athletes in Excellent Sports. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(1).
Kiram. (1992). Belajar motorik. Jakarta: Depdiknas.
Manna, I. (2014). Growth Development and Maturity in Children and Adolescent : Relation to Sports and Physical Activity. American Journal of Sports Science and Medicine, 2(5), 48–50. https://doi.org/10.12691/ajssm-2-5A
Mintarto, E., & Kriswanto, E. S. (2021). Komponen Biomotor Olahraga. Yogyakarta: Thema Publishing.
Nur Wahid, W., & Kurniawan, A. W. (2023). Survei Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 4(1), 270–281. https://doi.org/10.37742/jmpo.v4i1.77
Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78-93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128
Putra, F. H., & Kurniawan, A. W. (2023). Survei Kebugaran Jasmani Siswa di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari III Kota Malang. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 13(2), 104–117. https://doi.org/10.33558/motion.v13i2.7913
Rinaldi, M. S. (2019). Tingkat Kemampuan Motorik Siswa Kelas Atas Di Sekolah Dasar Negeri Gadingan Wates Tahun 2018/2019. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Olahraga, 1(2), 2–5.
Rohendi, A., & Seba, L. (2017). Perkembangan Motorik. Bandung: Alfabeta.
Sukadiyanto. (2010). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta: FIK UNY.
Suratmin, S., I Putu Panca Adi, I Putu Darmayasa, Wasti Danardani, Ratna Kumala, Hanik Liskustyowati, & Muhammad Fakhrur Rozi. (2022). Evaluation of Multilateral Based Elementary School Students’ Athletic Sports Development Program. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(4), 647–659. https://doi.org/10.33369/jk.v6i4.24560
Vlahović, L., Bavčević, T., & Katić, R. (2007). Biomotor Development in 1992 and 2002 Samples of Seven-Year-Old Children. Collegium Antropologicum, 31(4), 987–992. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18217446/
Young, W. B. (2006). Transfer of Strength and Power Training to Sports Performance. International Journal of Sports Physiology and Performance, 1(2). https://doi.org/10.1123/ijspp.1.2.74
Yunus, M. (2016). Kesegaran Jasmani Siswa SD Kota Malang. Peran Pendidikan Jasmani Dalam Menyangga Interdisipliner Ilmu Keolahragaan, 1(1), 166–177. https://core.ac.uk/download/pdf/267024199.pdf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2024 Dinda Arisetya Purwadi, Ulma Erdilanita, Prisca Widiawati, Yulingga Nanda Hanief