Abstract
Penelitian ini berfokus pada pentingnya kecerdasan kinestetik, yang melibatkan kemampuan untuk menggunakan gerakan tubuh secara efektif, berperan penting dalam pembelajaran dan interaksi anak dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh senam terhadap kecerdasan kinestetik anak di Taman Kanak-Kanak Harniatun Arrazzaq Bandar Lampung, dengan membandingkan kelas eksperimen yang mengikuti kegiatan senam dengan kelas kontrol yang melakukan aktivitas luar biasa. Menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan Posttest Only Control Design , sampel diambil dari kelas B1 dan B2, melibatkan 47 anak selama 3 minggu. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 26, mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dengan kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam kecerdasan kinestetik. Ini menegaskan bahwa senam secara signifikan mempengaruhi pengembangan kecerdasan kinestetik, mendukung teori yang ada tentang manfaat permainan fisik. Selain itu, temuan menunjukkan pentingnya dukungan dan stimulasi positif dari lingkungan, khususnya dari orang tua dan pendidik, untuk memaksimalkan perkembangan anak. simpulannya, senam adalah metode efektif untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak usia dini, dengan keterlibatan aktif dari orang tua dan guru menjadi kunci kesuksesan pengembangan ini.References
Acesta, A. (2019). Kecerdasan Kinestetik dan Interpersonal Serta Pengembangannya. Media Sahabat Cendikia. https://books.google.co.id/books?id=gbKeDwAAQBAJ
Andrieieva, O., Kashuba, V., Yarmak, O., Cheverda, A., Dobrodub, E., & Zakharina, A. (2021). Efficiency of children’s fitness training program with elements of sport dances in improving balance, strength and posture. Journal of Physical Education and Sport, 21(5), 2872–2879. https://doi.org/10.7752/jpes.2021.s5382
Brocherie, F., Girard, O., Forchino, F., Al Haddad, H., Dos Santos, G. A., & Millet, G. P. (2014). Relationships between anthropometric measures and athletic performance, with special reference to repeated-sprint ability, in the Qatar national soccer team. Journal of Sports Sciences, 32(13), 1243–1254. https://doi.org/10.1080/02640414.2013.862840
Creswell, J. W. (2020). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, global edition. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=Mb-GEAAAQBAJ
Gardner, H. (1989). Theory of Multiple Intelligences. Educational Implications of the Theory of Multiple Intelligences, 18(8), 4–10. https://doi.org/https://doi.org/10.3102/0013189X018008004
González-Valero, G., Zurita-Ortega, F., Ubago-Jiménez, J. L., & Puertas-Molero, P. (2020). Motivation, Self-Concept and Discipline in Young Adolescents Who Practice Rhythmic Gymnastics. An Intervention. Children, 7(9), 135. https://doi.org/10.3390/children7090135
Hasbullah, H., & Nurhasanah, N. (2024). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Melejitkan Potensi Anak. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 55–71. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i1.110
Hasibuan, N. R. F., Fauzi, T., & Novianti, R. (2020). Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 118–123. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.33564
Haywood, K. M. (2020). Kinesthetic Development. In The Encyclopedia of Child and Adolescent Development (pp. 1–9). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119171492.wecad028
Irwansyah, D. (2018). Analisis Kecerdasan Kinestetik, Interpersonal dan Intrapersonal dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 1(1), 48–51. https://doi.org/10.34007/jehss.v1i1.7
Kiuchukov, I., Yanev, I., Petrov, L., Kolimechkov, S., Alexandrova, A., Zaykova, D., & Stoimenov, E. (2019). Impact of Gymnastics Training on the Health-Related Physical Fitness of Young Female and Male Artistic Gymnasts. Science of Gymnastics Journal, 11(2), 175–187. https://doi.org/10.52165/sgj.11.2.175-187
Kumala, H. S. E., Rahmania, N. U., & Purnama, S. (2022). Impelementasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Senam Irama di TK Islam Al Madina Sampangan Semarang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 22–29. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13178
Kuswanto, C. W., & Pratiwi, D. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini Berbasis Tematik. AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 6(1), 55–68. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-05
Lambert, K. (2020). Re-conceptualizing embodied pedagogies in physical education by creating pre-text vignettes to trigger pleasure ‘in’ movement. Physical Education and Sport Pedagogy, 25(2), 154–173. https://doi.org/10.1080/17408989.2019.1700496
Lubis, Z. (2020). Hubungan antara Kecerdasan Kinestetik dengan Meniru Kegiatan Shalat Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Raudhah, Vol.8(No.2), 58–67.
Mashkoor, N. B., & Hameed, N. H. (2022). Effect of physical-kinesthetic intelligence exercises on developing motor abilities and basic skills of basketball in female students. SPORT TK-Revista EuroAmericana de Ciencias Del Deporte, 11. https://doi.org/10.6018/sportk.514981
Michelaki, E., & Bournelli, P. (2016). The Development of Bodily - Kinesthetic Intelligence through Creative Dance for Preschool Students. Journal of Educational and Social Research, 6(3), 23–32. https://doi.org/10.5901/jesr.2016.v6n3p23
Mukti, T. S., Utami, M. A. P., & Puspitasari, F. F. (2020). Sekolah Alam: Evaluasi Program Sekolah Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Naturalistik Dan Kinestetik Pada Pendidikan Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 123–132. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3542
Musfiroh, T. (2017). Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Kecerdasan Majemuk. Universitas Terbuka.
Oktariyana. (2019). Pembelajaran Gerak Senam Berirama Berbasis Multimedia. Gre Publishing. https://books.google.co.id/books?id=uIW9DwAAQBAJ
Özer, Ö., & Soslu, R. (2019). Comparison of the Static Balance, Strength and Flexibility Characteristics of the University Students Who Taken Artistic Gymnastic Lesson. Turkish Journal of Sport and Exercise, 229–233. https://doi.org/10.15314/tsed.573516
Pietono, Y. D. (2021). Anakku Bisa Brilliant: Sukses Belajar Menuju Brilliant. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=voc_EAAAQBAJ
Prasetio, P. A., Acesta, A., Damayanti, D., & Nugraha, F. F. (2023). Implementasi senam ceria dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada Siswa Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 1–6. https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.15408
Raharjdo, B., Rozie, F., & Hidayati, P. (2021). Optimalisasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini: Melalui Strategi Pembelajaran Gerak dan Lagu. AMERTA MEDIA. https://books.google.co.id/books?id=imJzEAAAQBAJ
Rohmah, A. A., & Jauhari. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Multiple Intelligences. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.9
Suhadi, S., Soegiyanto, S., Rahman, H. A., & Sulaiman, S. (2020). Evaluation of The Bodily-Kinesthetic Intelligence Model in Physical Education Teaching in Indonesia Primary School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(2), 471–479. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.29542
Trajkovic, N. (2017). Impact of Gymnastic Program on Health-Related Fitness in Adolescent Pupils. Science of Gymnastics Journal, Vol.8(No.2), 157–166.
V, A., & Vijayalaxmi, A. H. M. (2018). Imparting Curriculum with Bodily Kinesthetic Intelligence to Foster Active Learning Among the Elementary School Children. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, 2(3), 1232–1237. https://doi.org/10.31142/ijtsrd11297
Ward, G., & Scott, D. (2020). Lived experiences of undergraduate physical education students studying gymnastics and dance education. Sport, Education and Society, 25(2), 213–229. https://doi.org/10.1080/13573322.2019.1571485
Wardani, E. A., Alim, M. L., & Nurmalina. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Games Ball di Kelompok Bermain. Journal On Teacher Education, 3(2), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3347

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Cahniyo Wijaya Kuswanto, Silvi Indriani
