Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis tren publikasi ilmiah dan perkembangan pembelajaran motorik pada siswa sekolah dasar menggunakan data dari Scopus. Penelitian ini menjawab empat pertanyaan utama: (1) tren dan perkembangan pembelajaran motorik sebelum 2024, (2) kontributor utama dalam publikasi (penulis, universitas, dan jurnal), (3) jurnal yang paling banyak menerbitkan artikel terkait, dan (4) negara dengan kontribusi terbanyak dalam bidang ini. Sebanyak 320 artikel dengan kata kunci "motor learning" dan "elementary school" dianalisis menggunakan metode bibliometrik dan perangkat lunak VOSviewer. Hasil studi menunjukkan bahwa produktivitas publikasi pada bidang ini relatif rendah, dengan rata-rata di bawah 15 dokumen per tahun antara 2013–2020. Namun, terjadi peningkatan signifikan dalam lima tahun terakhir. Simone Aparecida Capellini tercatat sebagai penulis dengan publikasi terbanyak (4 dokumen), Universitas Negeri Yogyakarta sebagai universitas dengan kontribusi terbesar (6 dokumen), dan Amerika Serikat sebagai negara paling produktif (6 dokumen). Jurnal Perceptual and Motor Skills adalah yang paling banyak menerbitkan artikel terkait (16 dokumen). Publikasi tersebar di berbagai bidang studi, seperti teknik (21 dokumen), ilmu sosial (18 dokumen), dan ilmu material (14 dokumen). Studi ini berkontribusi pada pemahaman pola publikasi ilmiah dalam pembelajaran motorik, mengidentifikasi area tematik utama, serta memberikan wawasan untuk penelitian lebih lanjut dan pengembangan teori serta praktik di bidang pendidikan.
References
Anam, K., Sadli, M., & Wijaya, H. (2024). Analysis of Artificial Intelligence (AI) Utilization for Improving Motor Skills Learning Outcomes among Elementary School Teacher Education (PGSD) Students. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 202–209. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i2.2492
Andhika, D. A., Prayoga, A. S., & Darumoyo, K. (2022). Meningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Sederhana. Jurnal Porkes, 5(1), 57–65. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1
Cameron, C. E., Cottone, E. A., Murrah, W. M., & Grissmer, D. W. (2016). How are motor skills linked to children’s school performance and academic achievement? Child Development Perspectives, 10(2), 93–98. https://doi.org/10.1111/cdep.12168
Chang, K.-E., Zhang, J., Huang, Y.-S., Liu, T.-C., & Sung, Y.-T. (2020). Applying augmented reality in physical education on motor skills learning. Interactive Learning Environments, 28(6), 685–697. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1636073
Echchakoui, S. (2020). Why and how to merge Scopus and Web of Science during bibliometric analysis: the case of sales force literature from 1912 to 2019. Journal of Marketing Analytics, 8, 165–184. https://doi.org/10.1057/s41270-020-00081-9
Fernández-Vázquez, D., Navarro-López, V., Cano-de-la-Cuerda, R., Palacios-Ceña, D., Espada, M., Bores-García, D., Delfa-de-la-Morena, J. M., & Romero-Parra, N. (2024). Influence of Virtual Reality and Gamification Combined with Practice Teaching Style in Physical Education on Motor Skills and Students’ Perceived Effort: A Mixed-Method Intervention Study. Sustainability, 16(4), 1584. https://doi.org/10.3390/su16041584
He, Q. (1999). Knowledge discovery through co-word analysis.
Hill, N. M., Tripp, H. M., Wolpert, D. M., Malone, L. A., & Bastian, A. J. (2024). Age-dependent predictors of effective reinforcement motor learning across childhood. BioRxiv, 2007–2024. https://doi.org/10.1101/2024.07.09.602665
Iswantiningtyas, V., & Wijaya, I. P. (2015). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(3), 249-251. https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.181
Khotimah, A. K., Hartono, H., & da Ary, D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Tari Tani terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4326–4335. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5129
Modra, C., Domokos, M., & Petracovschi, S. (2021). The use of digital technologies in the physical education lesson: A systematic analysis of scientific literature. Timisoara Physical Education and Rehabilitation Journal, 14(26), 33–46. https://doi.org/10.2478/tperj-2021-0004
Mongeon, P., & Paul-Hus, A. (2016). The journal coverage of Web of Science and Scopus: a comparative analysis. Scientometrics, 106, 213–228. https://doi.org/10.1007/s11192-015-1765-5
Mubarak, M. H., & Robandi, B. (2024). Tren dan Perkembangan dalam Pembelajaran Motorik Anak Prasekolah: Analisis Bibliometrik. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(1), 263–277. https://doi.org/10.55081/jurdip.v5i1.2642
Mulato, N., Hidayatullah, M. F., Purnama, S. K., & Syaifullah, R. (2024). Optimization of learning physical education in digital era: A systematic review. Retos: Nuevas Tendencias En Educación Física, Deporte y Recreación, 54, 844–849. https://doi.org/10.47197/retos.v54.105211
Mulyana, A., Salsabila, F., Sundari, M. A., Sofiyani, N. E., Fajar, R. N., Rahayu, R., & Fujiyanah, T. S. (2024). Tantangan dan Strategi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar: Menuju Generasi Aktif dan Sehat. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2671–2680. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1125
Novitasari, R., Nasirun, M., & Delrefi, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12
Patiño-Robles, J. J., & Reyes-Meza, O. B. (2022). Motor development in writing and playful movements in elementary school students. International Journal of Social Sciences, 5(3), 131–137. https://doi.org/10.21744/ijss.v5n2.1910
Porter, A. L., Kongthon, A., & Lu, J.-C. J. C. (2002). Research profiling: Improving the literature review. Scientometrics, 53(3), 351–370. https://doi.org/10.1023/A:1014873029258
Rahayu, E. T., Syafrida, R., Ferianto, F., Nurunnabilah, N., & Syahnurmala, H. (2023). Efektifitas Penggunaan Inovasi Media Kiorroga terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4232–4242. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5096
Rahmawati, C., & Mustadi, A. (2021). Is it important to overcome motor problems of elementary school-age students? Fizičko Vaspitanje i Sport Kroz Vekove, 8(1), 94–104. https://doi.org/10.5937/spes2101094R
Sayekti, O. M., Efendi, A., Sujarwo, S., Setyawan, H., Sunaryo, H., Sahabuddin, S., Sabariah, S., Rufii, R., Harmanto, H., & Putro, B. N. (2024). Analyzing the role of motor skill training on critical reading ability in elementary school students. Retos: Nuevas Tendencias En Educación Física, Deporte y Recreación, 61, 1101–1115. https://doi.org/10.47197/retos.v61.109633
Sofia, A., & Fatmawati, N. (2016). Pembelajaran motorik kasar melalui permainan sirkuit warna. Jurnal Pendidikan Progresif, 6(1), 17–25.
Staiano, A. E., Newton Jr, R. L., Beyl, R. A., Kracht, C. L., Hendrick, C. A., Viverito, M., & Webster, E. K. (2022). mHealth intervention for motor skills: a randomized controlled trial. Pediatrics, 149(5), e2021053362. https://doi.org/10.1542/peds.2021-053362
Susilowati, A. (2020). Physical-motor development in children at elementary school: Article Review. Physical Education and Sport through the Centuries, 7(2), 247–255. https://doi.org/10.2478/spes-2020-0020
Utamayasa, I. G. D., & Mardhika, R. (2024). An innovative approach in physical education: Exploring the impact of interactive virtual reality on motor skills. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.25299/esijope.2024.vol5(1).14354
van Eck, N. J., & Waltman, L. (2010). Software survey: VOSviewer, a computer program for bibliometric mapping. Scientometrics, 84(2), 523–538. https://doi.org/10.1007/s11192-009-0146-3
Windarsih, C. A. (2016). Aplikasi Teori Umpan Balik (Feedback) Dalam Pembelajaran Motorik Pada Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 20–29. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/306
Wu, Y., Heineman, K. R., La Bastide‐Van Gemert, S., Kuiper, D., Drenth Olivares, M., & Hadders‐Algra, M. (2020). Motor behaviour in infancy is associated with neurological, cognitive, and behavioural function of children born to parents with reduced fertility. Developmental Medicine & Child Neurology, 62(9), 1089–1095. https://doi.org/10.1111/dmcn.14520
Xu, F., Xu, J., Zhou, D., Xie, H., & Liu, X. (2022). A bibliometric and visualization analysis of motor learning in preschoolers and children over the last 15 years. Healthcare, 10(8), 1415. https://doi.org/10.3390/healthcare10081415
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2024 Zainul Arifin, Yulingga Nanda Hanief