Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian permainan invasi pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) untuk fase D yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, perancangan instrumen, pengembangan dan validasi instrumen, serta implementasi dan evaluasi di sekolah. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada pengembangan instrumen penilaian yang dirancang khusus untuk mendukung Kurikulum Merdeka, yang berfokus pada penilaian autentik dan berkelanjutan. Instrumen ini tidak hanya mengukur hasil belajar siswa secara holistik, tetapi juga disesuaikan dengan konteks lokal dan kebutuhan siswa di fase D. Validitas dan reliabilitas instrumen penilaian diuji melalui validitas isi, validitas konstruksi, dan reliabilitas dengan koefisien Alpha Cronbach sebesar 0.85. Temuan ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan memiliki validitas dan reliabilitas yang baik, dan dapat memberikan informasi yang akurat mengenai kemampuan secara efektif untuk mengevaluasi capaian belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK fase D. Instrumen ini diharapkan dapat menjadi alat ukur yang handal bagi guru dalam melaksanakan penilaian yang adil dan objektif sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka.
References
Ahmadi, A., Nurdin, A. A., Sobarningsih, I., & Hernawan, A. H. (2023). Implementasi Integrasi Kurikulum 2013 Dan Merdeka Belajar Di SDIT AL Fitrah Kota Bandung. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 15(1), 60-73. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/54841
Al Afif, M. R., & Mu`Arifin, M. (2023). Survei Efektifitas Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PJOK Di SMA, SMK, MA Kabupaten Bojonegoro. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(6), 278-292. doi: https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i6.480
Aliriad, H., Da’i, M., & Apriyanto, R. (2023). Strategi Peningkatan Motorik untuk Menstimulus Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Aktivitas Luar Ruangan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4609–4623. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4149
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer. https://books.google.co.id
Brown, J. D. (2002). The Cronbach alpha reliability estimate. JALT Testing & Evaluation SIG Newsletter, 6(1). doi: 10.21083/ajote.v6i1.3970
Da’i, M., Apriyanto R., Kaito I., Yusrowatin C. D. (2024). The Application of Mixed Reality Technology in The 5.0 Era Learning Pencak Silat to Support The Independent Curriculum. JOSSAE: Journal of Sport Science and Education, 9, 121–131. https://doi.org/10.26740/jossae.v9n2.p121-131
Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American journal of theoretical and applied statistics, 5(1), 1–4. doi: 10.11648/j.ajtas.20160501.11
Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami konsep hingga penulisan praktik baik pembelajaran di kelas. Penerbit Lindan Bestari.https://books.google.co.id/
Hanief, Y. N., Kardiyanto, D. W., Winarno, M. E., & Haqiyah, A. (2021) Development of Indonesia Scientific Publications of Physical Education in Reputable International Journals: A Bibliometric Analysis. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 6(1), 59-67. doi: 10.17509/jpjo.v6i1.32335
Harianto, E., 1cde, G., 1ade, S., Nader, M., 2de, S., & Taiar, R. (2023). Stimulating game performance skills in students: experimental studies using net games. Tanjungpura Journal of Coaching Research, 2023(2), 63–70. https://doi.org/10.26418/tajor.v1i2.65009
Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Jurnal pendidikan anak, 5(1). doi: 10.21831/jpa.v5i1.12368
Kamila, A., Masdar, C., Nadira, L., Sagara, B., Ardinata, F., & Wismanto, W. (2024). Analisis Perkembangan Implementasi Pendidikan Inklusi Di Indonesia. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(2), 86–92. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i2.3042
Kusumawati, M., Abidin, D., Bujang, B., Haqiyah, A., Mylsidayu, A., Basri, H., ... & Ekowati, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). MADDANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1-9. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/maddana/article/view/5769
López-Gil, J. F., Martínez-Vizcaíno, V., Tárraga-López, P. J., & García-Hermoso, A. (2023). Cross-cultural adaptation, reliability, and validation of the Spanish perceived physical literacy instrument for adolescents (S-PPLI). Journal of Exercise Science & Fitness, 21(3), 246–252. doi: 10.1016/j.jesf.2023.03.002
Mulyana, A., Lestari, D., Pratiwi, D., Rohmah, N. M., Tri, N., Agustina, N. N. A., & Hefty, S. (2024). Menumbuhkan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini Melalui Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 321–333. doi: https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2998
Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.https://books.google.co.id/
Mustoip, S. (2023). Analisis penilaian perkembangan dan pendidikan karakter di kurikulum merdeka sekolah dasar. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 144–151. doi: https://doi.org/10.59966/pandu.v1i3.470
Nugraheni, I., & Suharjana, W. D. Y. (2019). Applicability of Physical Education Learning Sports and Health (PJOK) Primary School in the Independent Curriculum. doi: https://doi.org/10.47191/ijmra/v7-i02-39
Nugroho, W. A., Yudha, R. P., Sundari, S., & Praja, H. N. (2021). Analisis Instrumen Asesmen Unjuk Kerja pada Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Kota Cirebon. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(2), 126-141. doi: https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i2.1795
Parma, R., Hudayani, F., & Asnaldi, A. (2022). Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada masa pandemi. Jurnal MensSana, 7(1), 31–38. doi: https://doi.org/10.24036/MensSana.07012022.4
Rahman, A. A. (2023). kesiapan guru penjas menghadapi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(1), 54–62. doi: 10.37058/sport.v7i1.6548
Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan konsep pembelajaran literasi digital berbasis media e-learning pada mata pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56–65. doi: 10.31258/jope.1.2.56-65
Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A comparative study of the ADDIE instructional design model in distance education. Information, 13(9), 402. doi: 10.3390/info13090402
Walters, W., MacLaughlin, V., & Deakin, A. (2023). Perspectives and reflections on assessment in physical education: A narrative inquiry of a pre-service, in-service and physical education teacher educator. Curriculum Studies in Health and Physical Education, 14(1), 73–91. doi: 10.1080/25742981.2022.2053334

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Hernowo Hernowo, Tri Atmojo Puguh Asmoro, Kiswanto Kiswanto, Mohamad Da’i
