Abstract
Kebugaran jasmani berperan penting dalam mendukung keberhasilan pembelajaran, karena siswa dengan kondisi fisik baik lebih mampu memahami materi dan menjalani aktivitas tanpa cepat lelah. Penelitian ini bertujuan menggambarkan tingkat kebugaran jasmani siswa putra kelas VII SMPN 2 Sukodono, Sidoarjo. Desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan survei, dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, melibatkan 20 siswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa berada pada kategori baik dengan persentase 60,87%, sedangkan sisanya berada pada kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kebugaran jasmani yang baik, namun masih diperlukan upaya peningkatan bagi siswa yang belum mencapai kategori optimal. Penelitian ini merekomendasikan sekolah untuk menyusun program latihan fisik yang terstruktur dan rutin. Selain itu, penelitian lanjutan disarankan mengkaji faktor lain seperti gizi, pola makan, dan gaya hidup, agar strategi peningkatan kebugaran dapat dilakukan lebih komprehensif.
References
Adhianto, K. G., & Arief, N. A. (2023). Hubungan aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani peserta didik sekolah menengah pertama. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(2), 134-141. https://doi.org/10.37311/jjsc.v5i2.20978
Agil, A. M. B. A., & Hakim, A. R. (2023). Analisis Kebugaran Jasmani Siswa Putra Kelas XI Usia 16-19 Tahun Di SMA Negeri 1 Kemusu Boyolali Tahun 2022. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 9(2), 231-242.
Anam, S., Mulyono, M., & Darisman, E. K. (2024). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sdn Bulukagung 2 Klampis Kabupaten Bangkalan. Penjaga : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1), 24–30. https://doi.org/10.55933/pjga.v5i1.841
Andreka, B. I. P., Hadi, S. R., & Darisman, E. K. (2025). Profil Kebugaran Jasmani Pada Siswa Kelas Tinggi SD Angkasa Surabaya. Jemani (Jurnal Pendidikan Jasmani), 9(1), 318-323. https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jemani/article/view/1538
Aydogdu, F. (2022). Developing A Peer Relationship Scale For Adolescents: A Validity And Reliability Study. Current Issues In Personality Psychology, 10(2), 164–176. https://doi.org/10.5114/cipp.2021.109461
Chen, C., Weyland, S., Fritsch, J., Woll, A., Niessner, C., Burchartz, A., Schmidt, S. C. E., & Jekauc, D. (2021). A Short Version Of The Physical Activity Enjoyment Scale: Development And Psychometric Properties. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 18(21). https://doi.org/10.3390/ijerph182111035
Darmawan, A., Kusdiyah, E., & Harahap, H. (2024). Skrining Stunting Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Kawat Kota Jambi. Medical Dedication (medic): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat FKIK UNJA, 7(1), 47-50.
Hidayat, H., Rohman, U., & Cholid, Abd. (2023). Indonesian Physical Fitness Test (Tkji) Conversion Assessment Application Program For Vocational School Students. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 7(1), 39–52. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v7i1.3585
Imeldawati, R. (2025). Dampak Terjadinya Stunting Terhadap Perkembangan Kognitif Anak : Literature Review. Jurnal Medika Nusantara, 3(1), 101–107. https://doi.org/10.59680/medika.v3i1.1632
Kemenkes RI. (2025). Survei Status Gizi Indonesia 2024 I Tim Penyusun Ssgi 2024 Dalam Angka.
Mami, S., Rusli, K., & Aminuddin, A. (2022). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMP Negeri 5 Satap Biringbulu Kab. Gowa. Indonesian Journal of Physical Activity, 2(1), 41-50. https://doi.org/10.59734/ijpa.v2i1.34
Maulana, R. A., Friskawati, G. F., & Karisman, V. A. (2024). Gender dan kebugaran jasmani siswa: analisis perbedaan hasil Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) fase D. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 4(1), 39–49. https://doi.org/10.54284/jopi.v4i1.364
Murdiono, A. S., Saputra, Y. M., & Safari, I. (2022). Pengaruh permainan outdoor education dengan tingkat motivasi terhadap kebugaran jasmani siswa. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 168-178. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.98
Nugraheni, W., Belvana, S., & Bachtiar, B. (2023). Optimalisasi Tes Kebugaran Jasmani Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 4(1), 61-68. https://doi.org/10.55081/joki.v4i1.1953
Nurul, M. (2018). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Aarosbaya dan SMP Negeri 6 Bangkalan. Satria, 1(1), 1-7.
Rachman, A., Yochanan, E., Samanlangi, A. I., & Purnomo, H. (2024). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (1st Ed.). Saba Jaya Publisher.
Suniga, J. P. C., Custodio, J. M., Roldan, P. J. B., Shlool, H. A., & Abumoh’d, M. F. (2025). How Effective Is Circuit Training On Physical Fitness? A High-Intensity Study In The Sport Of Futsal. Tanjungpura Journal Of Coaching Research, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.26418/tajor.v3i1.88062
Syarifah, I., & Fadhillah, L. (2024). Efektivitas Waktu Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar. Ameera: Jurnal Pendidikan, Sains dan Matematika, 1(1).
Yahya, F. A., Muryadi, A. D., & Rumpoko, S. S. (2023). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani (TKJI) Siswa SD Negeri 1 Conto Bulukerto Wonogiri Tahun 2022. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 9(1), 106-119. https://doi.org/10.36728/jip.v9i1.2244
Yusrini, Y., Khairani, K., & Febriana, D. (2023). Gambaran Aktivitas Fisik Pada Lanjut Usia Di Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmu Keperawatan, 11(2), 43-49. https://doi.org/10.24815/jik.v11i2.36258

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Elsandy Wahyu Listanto, Yandika Fefrian Rosmi, Riga Mardhika, Eka Kurnia Darisman
