https://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/issue/feed Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) 2025-08-20T20:38:39+07:00 Yulingga Nanda Hanief yulingganandahanief@gmail.com Open Journal Systems <p><span id="result_box" class="" lang="en"><span class=""><strong>Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)</strong> is national scientific journals that are open to seeking innovation, creativity, and novelty. <strong>JOPI</strong> is a<em> peer-review journal</em> published by the <strong>Assistant Deputy for Management of Sports Education, Deputy for Sports Cultivation, Ministry of Youth and Sports of the Republic of Indonesia</strong> . The aim of the journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of research for academics and researchers. <span class="tlid-translation translation" lang="en"><span class="" title=""><strong>JOPI</strong> published in <strong>March </strong>and<strong> September</strong></span></span> by publishing research results and critical analysis studies in the field of <strong>Sport Education.</strong><br /></span></span></p> https://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/355 Pengembangan model permainan aktivitas jasmani dalam meningkatkan kemampuan motorik anak usia 8–9 tahun di tingkat sekolah dasar 2024-12-04T16:16:25+07:00 Miftahul Irfanda Harahap miftahulirfandahrp@gmail.com Sabaruddin Yunis Bangun unisbgn@unimed.ac.id Muhammad Diansyah Ritonga muhammaddiansyah7@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan aktivitas jasmani dalam meningkatkan kemampuan motorik anak usia 8-9 tahun di tingkat Sekolah Dasar. Observasi menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam tes kelincahan Illinois Agility akibat minimnya aktivitas fisik yang menarik. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan berbasis permainan untuk meningkatkan keterampilan motorik dan membuat pembelajaran lebih efektif serta menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development Sugiyono dengan subjek 30 siswa pada uji coba kelompok kecil dan 60 siswa pada uji coba kelompok besar. Data dikumpulkan melalui angket/kuesioner yang diberikan kepada ahli dan siswa, serta dianalisis menggunakan teknik kuantitatif persentase. Validasi dilakukan oleh ahli materi, permainan, dan bahasa. Hasil validasi desain produk oleh ahli memperoleh rata-rata 84% (Valid), uji coba kelompok kecil 77% (Layak), dan validasi desain produk 91% (Valid). Uji coba kelompok besar menghasilkan nilai rata-rata 89% (Sangat Layak). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari Layak menjadi Sangat Layak, sehingga model permainan ini dapat digunakan sebagai pendekatan efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik anak usia 8-9 tahun di Sekolah Dasar.</p> 2025-08-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Miftahul Irfanda Harahap, Sabaruddin Yunis Bangun, Muhammad Diansyah Ritonga https://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/370 Motivasi siswa SMA Negeri di Kota Surakarta pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam perspektif Self-Determination Theory 2024-05-15T09:48:40+07:00 Batista Nila Marberliantina batistanila6@gmail.com Rumi Iqbal Doewes king.doewes@staff.uns.ac.id Zulfikar Bagas Miragama zulfikarbagas12345@gmail.com Novan Arum Nugroho novanarumn28@student.uns.ac.id <p>Pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran dan stabilitas emosi. Dari hasil pengamatan peneliti saat melakukan magang kependidikan pada saat pembelajaran siswa banyak yang kurang aktif dan kurang antusias dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis motivasi siswa SMA Negeri di Surakarta pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) dalam perspektif <em>Self-Determination Theor</em><em>y</em>. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian seluruh siswa di SMA Negeri se Kota Surakarta yang berjumlah 8,587. Pengambilan sampel menggunakan <em>Proportionate Stratified Random Sampling</em>. Besar sampel adalah 821. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diadopsi dari <em>Sport Motivation Scale-6</em> <em>(SMS-6)</em>. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan skor total motivasi, hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi siswa SMA di Surakarta dalam mengikuti pembelajaran PJOK bersifat <em>autonomus</em>. Dalam perspektif SDT motivasi siswa tersebut masuk dalam kategori <em>identified regulation, integrated regulation dan intrinsic motivation</em>, karena mengikuti pembelajaran PJOK rata-rata karena mencapai tujuan pribadi dan benar-benar senang dengan pembelajaran yang diberikan. Dari 821 siswa hanya terdapat 13,5% siswa menunjukan motivasi yang bersifat <em>non-autonomus</em>.</p> 2025-08-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Batista Nila Marberliantina, Rumi Iqbal Doewes, Zulfikar Bagas Miragama, Novan Arum Nugroho https://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/375 Model sport education sebagai transformasi pedagogi dalam pendidikan jasmani: Suatu tinjauan bibliometrik 2024-07-12T09:39:28+07:00 Sumarno Sumarno marnoalam133@gmail.com <p>Model <em>Sport Education</em> dalam pendidikan jasmani selama dua decade lebih. Studi ini menggunakan meta-data dari repositori Scopus, diambil menggunakan kata kunci yang relevan dan diekstrak dalam hal perkembangan bidang, produktivitas, jaringan kolaboratif, dan struktur tematik di bidang tersebut. Kami menganalisis data dalam perangkat lunak <em>VOSviewer</em> dan <em>Biblioshiny</em>. Sebanyak 265 dokumen/artikel diterbitkan dalam database Scopus dalam rentang waktu 1996-2023. Berdasarkan publikasi di database Scopus, temuan menunjukkan bahwa: (1) minat akademis terhadap Model <em>Sport Education</em> pada dekade pertama cenderung rendah dan mulai meningkat pada dekade terakhir; (2) Sebagian besar publikasi ditulis oleh para peneliti yang tersebar di berbagai negara, meskipun sebagian besar penelitian masih dipublikasikan dan kolaborasi oleh sejumlah kecil penulis dan negara; dinamika konseptual literatur mengungkap multidimensi topik penyelidikan ini. Kontribusi signifikan kami adalah penjelasan tentang tren penelitian terkini dan evolusi bidang Model <em>Sport Education</em>. Temuan ini menunjukkan perlunya lebih banyak studi interdisiplin dan kolaborasi penulis antar negara yang lebih luas.</p> 2025-08-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Sumarno Sumarno https://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/372 Pengenalan gerakan senam untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik: Studi komparatif pada anak usia dini 2024-05-17T20:01:18+07:00 Cahniyo Wijaya Kuswanto cahniyo.wijaya@radenintan.ac.id Silvi Indriani cahniyo.wijaya@radenintan.ac.id <div><span lang="IN">Penelitian ini berfokus pada pentingnya kecerdasan kinestetik, yang melibatkan kemampuan untuk menggunakan gerakan tubuh secara efektif, berperan penting dalam pembelajaran dan interaksi anak dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh senam terhadap kecerdasan kinestetik anak di Taman Kanak-Kanak Harniatun Arrazzaq Bandar Lampung, dengan membandingkan kelas eksperimen yang mengikuti kegiatan senam dengan kelas kontrol yang melakukan aktivitas luar biasa. Menggunakan metode Quasi Eksperimental </span></div> <div><span lang="EN-US">dengan</span></div> <div><em><span lang="IN"> Posttest Only Control Design</span></em></div> <div><span lang="IN">, sampel diambil dari kelas B1 dan B2, melibatkan 47 anak selama 3 minggu. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 26, mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dengan kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam kecerdasan kinestetik. Ini menegaskan bahwa senam secara signifikan mempengaruhi pengembangan kecerdasan kinestetik, mendukung teori yang ada tentang manfaat permainan fisik. Selain itu, temuan menunjukkan pentingnya dukungan dan stimulasi positif dari lingkungan, khususnya dari orang tua dan pendidik, untuk memaksimalkan perkembangan anak. simpulannya, senam adalah metode efektif untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak usia dini, dengan keterlibatan aktif dari orang tua dan guru menjadi kunci kesuksesan pengembangan ini.</span></div> 2025-03-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Cahniyo Wijaya Kuswanto, Silvi Indriani https://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/600 Gambaran tingkat kebugaran jasmani pada siswa laki-laki sekolah menengah pertama 2025-03-08T16:51:27+07:00 Elsandy Wahyu Listanto elsandywahyu2@gmail.com Yandika Fefrian Rosmi yandika@unipasby.ac.id Riga Mardhika riga@unipasby.ac.id Eka Kurnia Darisman ekakurniadarisman@unipasby.ac.id <p>Kebugaran jasmani berperan penting dalam mendukung keberhasilan pembelajaran, karena siswa dengan kondisi fisik baik lebih mampu memahami materi dan menjalani aktivitas tanpa cepat lelah. Penelitian ini bertujuan menggambarkan tingkat kebugaran jasmani siswa putra kelas VII SMPN 2 Sukodono, Sidoarjo. Desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan survei, dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, melibatkan 20 siswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa berada pada kategori baik dengan persentase 60,87%, sedangkan sisanya berada pada kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kebugaran jasmani yang baik, namun masih diperlukan upaya peningkatan bagi siswa yang belum mencapai kategori optimal. Penelitian ini merekomendasikan sekolah untuk menyusun program latihan fisik yang terstruktur dan rutin. Selain itu, penelitian lanjutan disarankan mengkaji faktor lain seperti gizi, pola makan, dan gaya hidup, agar strategi peningkatan kebugaran dapat dilakukan lebih komprehensif.</p> 2025-11-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Elsandy Wahyu Listanto, Yandika Fefrian Rosmi, Riga Mardhika, Eka Kurnia Darisman