https://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/issue/feedJurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)2024-07-23T14:02:05+07:00Yulingga Nanda Haniefyulingganandahanief@gmail.comOpen Journal Systems<p><span id="result_box" class="" lang="en"><span class=""><strong>Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)</strong> is national scientific journals that are open to seeking innovation, creativity, and novelty. <strong>JOPI</strong> is a<em> peer-review journal</em> published by the <strong>Assistant Deputy for Management of Sports Education, Deputy for Sports Cultivation, Ministry of Youth and Sports of the Republic of Indonesia</strong> . The aim of the journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of research for academics and researchers. <span class="tlid-translation translation" lang="en"><span class="" title=""><strong>JOPI</strong> published in <strong>March </strong>and<strong> September</strong></span></span> by publishing research results and critical analysis studies in the field of <strong>Sport Education.</strong><br /></span></span></p>https://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/346Pengembangan instrumen keterampilan dasar futsal untuk siswa sekolah dasar2024-05-15T09:20:14+07:00Novan Adi Surya Putranovan.adie17@gmail.comAinun Zulfikar Rizkiainun.20015@mhs.unesa.ac.idSigit Ansorialvin.21009@mhs.unesa.ac.idAlvin Afandialvin.21009@mhs.unesa.ac.id<p>Tujuan penelitian ini untuk mengungkap pengaruh permainan tradisional terhadap kelincahan siswa UPT SDN 28 Karang Pauh Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa UPT SDN 28 Karang Pauh, yang berjumlah 68 orang yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik <em>purposive sampling</em>. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa kelas IV dan V. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan shuttle run test. Teknik Analisis data menggunakan rumus uji t, dan didapatkan hasil dari analisis data yaitu terdapat pengaruh signifikan permainan tradisional lari balok terhadap kelincahan siswa sekolah dasar, dengan peroleh koefisien uji t hitung = 5,25 > t tabel = 1,708. Kesimpulannya, permainan tradisional balok efektif digunakan untuk meningkatkan kelincahan siswa sekolah dasar. Penelitian selanjutnya dapat melibatkan permainan tradisional lainnya untuk meningkatkan aspek fisik pada siswa sekolah dasar.</p>2024-09-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Novan Adi Surya Putra, Ainun Zulfikar Rizki, Sigit Ansori, Alvin Afandihttps://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/359Pengaruh pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan model TGFU terhadap disiplin diri siswa MTS Al-Musyawarah, Lembang2024-07-23T14:02:05+07:00Shela Ginanjarshelaginanjar@unj.ac.idEva Juliantieyulianti@unj.ac.id<p>Penelitian ini mengungkap pengaruh model TGFU terhadap displin diri siswa di MTS Al-Musyawarah, Lembang. Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan desain Quasi-Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTS Al-Musyawarah, Lembang yang berjumlah 312 siswa yang terdiri dari 13 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa kelas 7 A yang belajar dengan model TGFU dan 7 C yang belajar dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan adalah <em>Self-Discipline Questionaire</em> dari NEO-PI yang memiliki reliabilitas 0.85. Teknik Analisis data menggunakan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan nilai F 25.534 dan sig. 0.000. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani yang terencana dan terprogram dengan baik menggunakan model TGFU, memberikan hasil yang lebih signifikan terhadap peningkatan disiplin diri siswa di MTS Al-Musyawarah, Lembang.</p>2024-09-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Shela Ginanjar, Eva Juliantihttps://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/303Hubungan antara motivasi siswa dengan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan2024-02-22T20:45:38+07:00Decky Candra Irawandecky.23008@mhs.unesa.ac.idMuhammad Zainuddien Azizmuhammadzainuddien.23009@mhs.unesa.ac.idI Gusti Ananda Bayu Wibisonoigusti.23019@mhs.unesa.ac.id<p>Motivasi belajar menjadi hal yang fundamental. Hal ini diyakini ketika siswa mempunyai keinginan belajar yang kuat, maka mereka akan mampu belajar secara efektif. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan efektivitas belajar dan motivasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kandangan. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif sedangkan jenisnya korelasi. Populasi penelitian sejumlah 1.039 siswa. Sebanyak 40 siswa (laki-laki=14 dan perempuan=26) menjadi sampel. Teknik yang digunakan untuk memperoleh sampel adalah accidental sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi dan angket efektivitas. Kedua angket tersebut telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Temuan penelitian diuji menggunakan uji normalitas, setelah menemui hasil normal dilakukan uji linearitas untuk mengetahui sebaran data kemudian dilanjutkan uji hipotesis korelasi. Hasilnya terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi siswa dan efektivitas pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kandangan. Sehingga dapat diartikan bahwa motivasi menjadi aspek penting dalam berjalannya proses pembelajaran. Semakin tinggi motivasi siswa semakin tinggi pula efektivitas suatu pembelajaran.</p>2024-03-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Decky Candra Irawan, Muhammad Zainuddien Aziz, I Gusti Ananda Bayu Wibisonohttps://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/304Hubungan aktivitas fisik terhadap prevalensi overweight pada siswa SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo2024-01-26T10:19:47+07:00I Gusti Ananda Bayu Wibisonoigusti.23019@mhs.unesa.ac.idDecky Candra Irawandecky.23008@mhs.unesa.ac.idMuhammad Zainuddien Azizmuhammadzainuddien.23009@mhs.unesa.ac.id<p><em>Overweight </em>merupakan terganggunya kondisi kesehatan seseorang akibat mengalami berat badan melebihi ukuran angka normal. Salah satu penyebab <em>overweight</em> yaitu tingkat aktivitas fisik. Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu gambaran dan korelasi dari aktivitas fisik dengan prevalensi <em>overweight</em> pada siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 10 Sidoarjo. Jenis penelitian korelasional diterapkan dalam penelitian ini dengan keseluruhan populasi dipakai menjadi sampel yang berjumlah 128 siswa dengan keterangan 61 laki-laki dan 67 perempuan. Instrumen penelitian yang dipakai berupa kuesioner PAQ C yang dibagikan secara <em>online </em>melalui <em>google form</em> untuk mendapatkan data aktivitas fisik dan pengukuran prevalensi <em>overweight</em> dengan menggunakan IMT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas atau 89,8% siswa berada pada kategori tidak aktif melakukan aktivitas fisik serta 22,6% siswa mengalami <em>overweight</em>. Hasil analisis uji chi-square diperoleh kesimpulan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan pada aktivitas fisik terhadap prevalensi <em>overweight</em> pada siswa SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo karena <em>p value</em> menunjukkan sebesar 0,970 > 0,05. Selain tingkat aktivitas fisik, banyak faktor lain seperti genetik, asupan kalori, dan penggunaan obat-obatan yang menyebabkan <em>overweight</em>.</p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 I Gusti Ananda Bayu Wibisono, Decky Candra Irawan, Muhammad Zainuddien Azizhttps://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/363Memperkuat keterampilan motorik anak usia dini melalui pengalaman eksplorasi aktivitas di luar ruangan2024-06-21T14:20:11+07:00Hilmy Aliriadhilmy@unugiri.ac.idAdi Sadis@mail.unnes.ac.idDeny Pradana Saputrodeny.pradana@lecturer.unri.ac.idDonny Anhar Fahmidonnyanhar@upgris.ac.idSigap Yogo Waskitosigapwaskito86@admin.sd.belajar.id<p>Aktivitas di luar ruangan memberikan berbagai rangsangan sensorik dan melibatkan gerakan tubuh yang lebih aktif dibandingkan dengan aktivitas di dalam ruangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki efektivitas program bermain aktivitas di luar ruangan dalam meningkatkan keterampilan motorik pada anak kecil. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain <em>one grup post pre-test</em>. Populasi terdiri dari 25 siswa RA ICP Nurul Ulum Bojonegoro. Sampel diambil secara <em>random sampling </em>sebanyak 10 Siswa. Data akan dikumpulkan sebelum dan sesudah intervensi menggunakan <em>instrument Test of Gross Motor Development Edisi Kedua (TGMD-2)</em> oleh Dale A. Ulrich, PhD. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tersebut berhasil memperkuat keterampilan motorik anak pada usia dini dan kemajuan dalam program kegiatan di luar ruangan. Hasil <em>pretest</em> dan <em>posttest </em>menunjukkan bahwa intervensi atau pelatihan berdampak signifikan terhadap keterampilan gerakan dasar. Simpulan, kegiatan di luar ruangan memperkaya perkembangan anak-anak melalui program permainan sekolah yang berfokus pada keterampilan motorik, sosial, dan kreatif. Saran peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan program aktivitas diluar ruangan dan memperluas metode penelitian yang digunakan.</p>2024-03-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Hilmy Aliriad, Adi S, Deny Pradana Saputro, Donny Anhar Fahmi, Sigap Yogo Waskito