https://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/issue/feedJurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)2025-08-20T20:38:39+07:00Yulingga Nanda Haniefyulingganandahanief@gmail.comOpen Journal Systems<p><span id="result_box" class="" lang="en"><span class=""><strong>Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)</strong> is national scientific journals that are open to seeking innovation, creativity, and novelty. <strong>JOPI</strong> is a<em> peer-review journal</em> published by the <strong>Assistant Deputy for Management of Sports Education, Deputy for Sports Cultivation, Ministry of Youth and Sports of the Republic of Indonesia</strong> . The aim of the journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of research for academics and researchers. <span class="tlid-translation translation" lang="en"><span class="" title=""><strong>JOPI</strong> published in <strong>March </strong>and<strong> September</strong></span></span> by publishing research results and critical analysis studies in the field of <strong>Sport Education.</strong><br /></span></span></p>https://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/355Pengembangan model permainan aktivitas jasmani dalam meningkatkan kemampuan motorik anak usia 8–9 tahun di tingkat sekolah dasar2024-12-04T16:16:25+07:00Miftahul Irfanda Harahapmiftahulirfandahrp@gmail.comSabaruddin Yunis Bangununisbgn@unimed.ac.idMuhammad Diansyah Ritongamuhammaddiansyah7@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan aktivitas jasmani dalam meningkatkan kemampuan motorik anak usia 8-9 tahun di tingkat Sekolah Dasar. Observasi menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam tes kelincahan Illinois Agility akibat minimnya aktivitas fisik yang menarik. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan berbasis permainan untuk meningkatkan keterampilan motorik dan membuat pembelajaran lebih efektif serta menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development Sugiyono dengan subjek 30 siswa pada uji coba kelompok kecil dan 60 siswa pada uji coba kelompok besar. Data dikumpulkan melalui angket/kuesioner yang diberikan kepada ahli dan siswa, serta dianalisis menggunakan teknik kuantitatif persentase. Validasi dilakukan oleh ahli materi, permainan, dan bahasa. Hasil validasi desain produk oleh ahli memperoleh rata-rata 84% (Valid), uji coba kelompok kecil 77% (Layak), dan validasi desain produk 91% (Valid). Uji coba kelompok besar menghasilkan nilai rata-rata 89% (Sangat Layak). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari Layak menjadi Sangat Layak, sehingga model permainan ini dapat digunakan sebagai pendekatan efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik anak usia 8-9 tahun di Sekolah Dasar.</p>2025-08-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Miftahul Irfanda Harahap, Sabaruddin Yunis Bangun, Muhammad Diansyah Ritongahttps://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/370Motivasi siswa SMA Negeri di Kota Surakarta pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam perspektif Self-Determination Theory2024-05-15T09:48:40+07:00Batista Nila Marberliantinabatistanila6@gmail.comRumi Iqbal Doewesking.doewes@staff.uns.ac.idZulfikar Bagas Miragamazulfikarbagas12345@gmail.comNovan Arum Nugrohonovanarumn28@student.uns.ac.id<p>Pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran dan stabilitas emosi. Dari hasil pengamatan peneliti saat melakukan magang kependidikan pada saat pembelajaran siswa banyak yang kurang aktif dan kurang antusias dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis motivasi siswa SMA Negeri di Surakarta pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) dalam perspektif <em>Self-Determination Theor</em><em>y</em>. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian seluruh siswa di SMA Negeri se Kota Surakarta yang berjumlah 8,587. Pengambilan sampel menggunakan <em>Proportionate Stratified Random Sampling</em>. Besar sampel adalah 821. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diadopsi dari <em>Sport Motivation Scale-6</em> <em>(SMS-6)</em>. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan skor total motivasi, hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi siswa SMA di Surakarta dalam mengikuti pembelajaran PJOK bersifat <em>autonomus</em>. Dalam perspektif SDT motivasi siswa tersebut masuk dalam kategori <em>identified regulation, integrated regulation dan intrinsic motivation</em>, karena mengikuti pembelajaran PJOK rata-rata karena mencapai tujuan pribadi dan benar-benar senang dengan pembelajaran yang diberikan. Dari 821 siswa hanya terdapat 13,5% siswa menunjukan motivasi yang bersifat <em>non-autonomus</em>.</p>2025-08-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Batista Nila Marberliantina, Rumi Iqbal Doewes, Zulfikar Bagas Miragama, Novan Arum Nugrohohttps://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/375Model sport education sebagai transformasi pedagogi dalam pendidikan jasmani: Suatu tinjauan bibliometrik2024-07-12T09:39:28+07:00Sumarno Sumarnomarnoalam133@gmail.com<p>Model <em>Sport Education</em> dalam pendidikan jasmani selama dua decade lebih. Studi ini menggunakan meta-data dari repositori Scopus, diambil menggunakan kata kunci yang relevan dan diekstrak dalam hal perkembangan bidang, produktivitas, jaringan kolaboratif, dan struktur tematik di bidang tersebut. Kami menganalisis data dalam perangkat lunak <em>VOSviewer</em> dan <em>Biblioshiny</em>. Sebanyak 265 dokumen/artikel diterbitkan dalam database Scopus dalam rentang waktu 1996-2023. Berdasarkan publikasi di database Scopus, temuan menunjukkan bahwa: (1) minat akademis terhadap Model <em>Sport Education</em> pada dekade pertama cenderung rendah dan mulai meningkat pada dekade terakhir; (2) Sebagian besar publikasi ditulis oleh para peneliti yang tersebar di berbagai negara, meskipun sebagian besar penelitian masih dipublikasikan dan kolaborasi oleh sejumlah kecil penulis dan negara; dinamika konseptual literatur mengungkap multidimensi topik penyelidikan ini. Kontribusi signifikan kami adalah penjelasan tentang tren penelitian terkini dan evolusi bidang Model <em>Sport Education</em>. Temuan ini menunjukkan perlunya lebih banyak studi interdisiplin dan kolaborasi penulis antar negara yang lebih luas.</p>2025-08-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Sumarno Sumarno