Abstract
Dimasa new-normal guru dituntut memanfatkan teknologi serta pemilihan model dan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan model project-based learning dengan media Instagram terhadap hasil belajar peserta didik pada masa new-normal. Desain penelitian adalah One-Shot Case Study dimana hanya menggunakan satu grup yang diberi perlakuan. Penelitian ini bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Bunguran Tengah, Natuna. Populasi penelitian ini ialah peserta didik kelas VII tahun pelajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini mengambil sampel seluruh kelas VII.1 berjumlah 21 peserta didik, menggunakan Project Based Learning. Data tes pengetahuan diolah menggunakan SPSS 16 for windows, dengan Uji T (T-Test), serta lembar observasi produk dengan skala berpikir kreatif (Creative Thinking Scale / CTS) dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil kreativitas peserta didik dalam membuat konten kebugaran jasmani dikatagori sangat tinggi dengan nilai 86.4. dan hasil uji t menunjukan model project-based learning meningkatkan hasil belajar peserta didik menjadi 88.10. Dapat disimpulkan pemanfaatan pembelajaran pendidikan jasmani model project-based learning dengan media Instagram dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada masa new-normal.
References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Al-kandari, A. J., Alkandarijgustedukw, E., Al-hunaiyyan, A. A., & Al-hajri, R. (2016). The Influence of Culture on Instagram Use. Journal of Advances in Information Technology, 7(1), 54–57. https://doi.org/10.12720/jait.7.1.54-57
Babintsev, V. P., Goncharuk, A. S. V, Peresypkin, A. A. P., & Goncharuk, P. Y. A. (2022). Project management in academic physical education system : benefits analysis.
Budiyono. (2020). Inovasi Pemanfaatan Tekngi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan, 6(2), 300–309. https://doi.org/:https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475
Burhaein, E., Hendrayana, Y., Indonesia, U. P., & Yogyakarta, U. N. (2022). Dimensions In The Learning Implementation And Strategies Of Adapted Physical Education For Children With Special Needs During The Covid-19 Pandemic : A Literature Review & Grounded Theory. Sport Science, 15(1), 189–201.
Cholik, C. A. I. A. I. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21–30.
Creswell, J. (2008). Reserch Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Third Edit). Thousand Oaks.
Ismail, M. N., & Alexandro, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Di Saat Pandemi Covid-19 Muhammad. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 37–46. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.112
Ketut, N., & Cahyani, C. (2021). The Effectiveness of Project-Based Learning Models in Improving Students ’ Creativity ( A Literature Review ) (Vol. 2). https://doi.org/10.36663/tatefl.v2i1.107
Kulsum, S., & Husnul, S. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran , Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.857
Leggett, G., Harrington, I., & Leggett, G. (2019). The impact of Project Based Learning ( PBL ) on students from low socio economic statuses : a review The impact of Project Based Learning ( PBL ) on students from low socio economic statuses : a review. International Journal of Inclusive Education, 0(0), 1–17. https://doi.org/10.1080/13603116.2019.1609101
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nguyen, T. (2015). The Effectiveness of Online Learning : Beyond No Significant Difference and Future Horizons. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309–319. Retrieved from https://jolt.merlot.org/Vol11no2/Nguyen_0615.pdf
Pranata, K., & Fatayan, A. (2022). Efektivitas Waktu Pembelajaran Penjaskes Sekolah Dasar Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4841-4847. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2958
Pujowati, Y. (2021). Dinamika Kebijakan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19, 14(2), 158–164. https://doi.org/doi.org/10.21107/pamator.v14i2.11574
Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ), 3(3), 285–291. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19448
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., & Dahlan, U. A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahapeserta didik. Varia Pendidikan, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Simonton, K. L., Layne, T. E., Irwin, C. C., Simonton, K. L., Layne, T. E., Project-based, C. C. I., Irwin, C. C. (2021). Project-based learning and its potential in physical education : an instructional model inquiry an instructional model inquiry. Physical Educationand Sport, 12(1), 36–52. https://doi.org/10.1080/25742981.2020.1862683
Taylor, I., Boat, R., & Murphy, S. (2018). Integrating theories of self-control and motivation to advance endurance performance. International Review of Sport and Exercise Psychology, 10(10), 1–20. https://doi.org/10.1080/1750984X.2018.1480050
Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33-42. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.5
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Amelia Larassary, Suci Wulandari