Persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
PDF

Keywords

Persepsi
pembelajaran
pendidikan jasmani

How to Cite

Zabidi, A. F. F., Yudasmara, D. S., & Darmawan, A. (2023). Persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(2), 115–128. https://doi.org/10.54284/jopi.v2i2.272

Abstract

Persepsi dalam pendidikan jasmani sangat penting diketahui karena dari persepsi ini guru dapat mengetahui anggapan siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran PJOK tingkat SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik perhitungan statistik persentase, sampel yang digunakan sejumlah 420 responden siswa, pengambilan data menggunakan instrumen berupa angket. Hasil dalam penelitian ini pada aspek pelaksanaan dalam keterlaksanaan materi kajian masih banyak guru yang belum memberikan materi tersebut dengan sepenuhnya, guru hanya banyak memberikan materi permainan dan olahraga baik dalam kurikulum Merdeka maupun kurikulum 2013, model, Ada beberapa permainan yang pernah diberikan guru diantaranya yaitu, permainan tradisional, permainan invasi, permainan taktik, dan permainan lainnya. Pada aspek penilaian siswa mendapatkan penilaian di akhir pembelajaran berupa tes keterampilan dan kemampuan, serta tes lisan/tulis.

https://doi.org/10.54284/jopi.v2i2.272
PDF

References

Anwar, A. S., Ma'mun, A., Sauri, S., Hendrayana, Y., & Budiana, D. Tanggung Jawab Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani Dan Olahraga-Jejak Pustaka (Vol. 1). Jejak Pustaka.

Alizamar & Couto, N. (2016). Psikologi Persepsi & Desain Informasi. Yogyakarta: Media Akademi

Bakkenes, I., Vermunt, J. D., & Wubbels, T. (2010). Teacher learning in the context of educational innovation: Learning activities and learning outcomes of experienced teachers. Learning and Instruction, 20(6), 533–548.

Clemente, F., Rocha, R. F., & Korgaokar, A. (2012). Teaching physical education: The usefulness of the teaching games for understanding and the constraints-lED approach. Journal of Physical Education and Sport, 12(4), 417.

Dewi, R., Gustiawati, R., & Afrinaldi, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 1(2).

Febriati, E. W. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran Pjok Di Smp Se-Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR).

Hidayat, Y. H., Paramitha, S. T., & Permadi, A. A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Penjas (Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Renang di MTs Sekecamatan Leles Kabupaten Garut). Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 103–110.

Hidayat, C. & Juniar, D. T. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Yogyakarta: CV BUDI UTAMA

Maulani, I., & Adnan, A. (2019). Minat Siswa Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Patriot, 1(3), 1077-1086.

Moneta, A. B., & Kristiyandaru, A. (2022). Penerapan Video Tiktok Berbasis E-Scaffolding Prosedural Dalam Materi Senam Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pjok Di Smk Dharma Wanita Gresik. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(9), 1605–1616.

Mulyono, M., Lubis, P. H., & Kurnia, M. (2022). Studi Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Di SMA Patra Mandiri 01 Palembang. JOLMA, 2(2), 116–122.

Rahmadri, R. (2021). Penggunaan Media Video Tutorial Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pjok Materi Senam Lantai Di Kelas VII SMPN 9 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2020/2021. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 113–120.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165.

Situmorang, P., Nasution, N., & Afrinaldi, R. (2021). Penggunaan video pembelajaran PJOK melalui media sosial youtube pada siswa kelas VIII SMP negeri 2 karawang barat di masa pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 311–323.

Suherman, A. (2018). Kurikulum Pembelajaran Penjas. Sumedang: UPI Sumedang Press

Sultoni, M. A. (2015). Keterlaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran PJOK Tingkat SMP pada sekolah satu atap di Pulau Gili Ketapang dan wilayah Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2).

Taovan, R. (2018). Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP N 2 Tempel Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 7(12).

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395–400.

Utami, M. S., & Purnomo, E. (2019). Minat Siswa Smp Negeri 2 Jenawi Kabupaten Karanganyar Kelas Viii Terhadap Pembelajaran Atletik. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 8(4).

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset

Wardan, I. K. (2021). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Penjaskes Di Smpn Sekecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara Tahun Pengajaran 2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Ahmad Fiqqi Fairuz Zabidi, Dona Sandy Yudasmara, Arief Darmawan

Downloads

Download data is not yet available.