Abstract
Keterlaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olahraga memiliki peran yang cukup signifikan dalam perwujudan tujuan pendidikan dan pengembangan keterampilan berolahraga siswa. Masalah merupakan suatu keadaan atau kesenjangan antara harapan dengan kenyataan. Harapanya adalah peneliti mendapatkan data dan informasi yang lengkap mengenai keterlaksanaan pembelajaran PJOK tingkat SMP di Kabupaten Malang dan di Kota Malang. Namun pada kenyataanya data dan informasi tersebut belum ada, pada penelitian sebelumnya masih belum lengkap sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji mengenai keterlaksanaan pembelajaran PJOK di Kabupaten dan di Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan juga wawancara tidak terstruktur untuk menunjang aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Hasil dari penelitian ini yakni proses keterlaksanaan pembelajaran di kota cenderung lebih baik dari kabupaten ditinjau dari beberapa aspek evaluasi pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni masih adanya kesenjangan atau perbedaan dalam keterlaksaan pembelajaran PJOK di Kabupaten dan di Kota Malang mulai dari aspek perencanaan, aspek pelaksanaan, dan aspek penilaian juga masih belum sesuai dengan yang diharapkan, namun sudah ada upaya baik guru di kabupaten maupun di kota untuk melakukan yang terbaik demi berjalanya proses pembelajaran yang maksimal.
References
Adhariah, I. (2018). Pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 5(2), 273-288. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i02.1392
Arifin, L. T., & Haris, I. N. (2018). Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ciasem Kabupaten Subang (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ciasem). Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 4(01). http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/222
Damsir, D., Idris, M., & Rizhardi, R. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. JOLMA, 1(1), 41-53.
Dewi, R., Gustiawati, R., & Afrinaldi, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 85-92. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.327
Febrianto, F. A. (2017). Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (PJOK) Di Smk Negeri Se-Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(3), 607-615. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/20089
Harijaya, C. W., & Kristiyandaru, A. (2015). Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (Pjok) Di Tingkat Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 849-859. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/14369
Marinda, A., & Prasetiyo, R. (2020, September). Survei Tingkat Keterlaksanaan Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Studi Pada SD/MI, SMP/Mts Se-Kecamatan Megaluh). In Prosiding Conference on Research and Community Services, 2(1), 47-55. https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/CORCYS/article/view/1585
Moneta, A. B., & Kristiyandaru, A. (2022). Penerapan Video Tiktok Berbasis E-Scaffolding Prosedural Dalam Materi Senam Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pjok Di Smk Dharma Wanita Gresik. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(9), 1605-1616. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.215
Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Penjas di Sekolah Dasar. Jurnal Maenpo: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 10(1), 44-49. https://doi.org/10.35194/jm.v10i1.941
Nurdiansyah, I. (2018). Survei Tingkat Keterlaksanaan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri Surabaya Selatan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 25-31. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/14364
Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 110–116. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11906
Qoulbi, G. A., & Alnedral, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di Kelas XII SMA N 1 Batusangkar Dilihat dari Sudut Perencanaan, Proses, dan, Evaluasi. Jurnal Patriot, 2(1), 148-158. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.551
Rahmadri, R. (2021). Penggunaan Media Video Tutorial Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran PJOK Materi Senam Lantai Di Kelas VII SMPN 9 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2020/2021. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 113-120. https://doi.org/10.18592/moe.v7i2.5742
Situmorang, P., Nasution, N., & Afrinaldi, R. (2021). Penggunaan video pembelajaran PJOK melalui media sosial youtube pada siswa kelas VIII SMP negeri 2 karawang barat di masa pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 311-323. https://doi.org/10.5281/zenodo.5716121
Sultoni, A. (2016). Implementasi kurikulum 2013 bidang studi biologi dalam mengembangkan sikap religius siswa di madrasah aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 68-91.
Suryapermana, N. (2017). Management of Islamic education at Islamic high school (Madrasah Aliyah): A study implementation of Islamic education at Islamic high school of district Pandeglang. International Journal of Home Science, 3(1), 97-107.
Wardan, I. K. (2021). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Penjaskes Di Smpn Sekecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara Tahun Pengajaran 2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 421-429. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i3.2284
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Rizky Alfridyaputra, Fahrial Amiq, Dona Sandy Yudasmara