Pembelajaran PJOK kondisi pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar
PDF

Keywords

Pembelajaran PJOK
pandemi covid-19
siswa

How to Cite

Junianto, T. (2022). Pembelajaran PJOK kondisi pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 203–212. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran mata pelajaran PJOK kondisi pandemi covid-19 pada siswa SD Negeri Rejomulyo Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan Tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei yang instrumennya menggunakan kuisoner. Subjek yang terlibat adalah siswa SD Negeri Rejomulyo Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan sejumlah 53 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran mata pelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 pada siswa SDN Rejomulyo Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan 100% dilaksanakan dengan beberapa metode. 81% menggunakan metode pembelajaran daring, 62% perangkat digital handphone yang digunakan dalam pembelajaran milik orangtua/ saudara, 55% akses jaringan internet yang di gunakan dengan cara menumpang, 53% pengoprasian perangkat digital handphone dilakukan sendiri, 42% tanggapan peserta didik biasa-biasa saja mengenai kegiatan pembelajaran PJOK kondisi pandemi covid-19.

https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.28
PDF

References

Agustina, N., & Priambodo, A. (2021). Pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa mengikuti pembelajaran pjok selama covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(01), 365–371.

Cahyaningtyas, I. & Kuntjoro, B.F.T. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar PJOK di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(1), 75-82.

Hakim, L., Susanto, R., Pgri, U., & Buana, A. (2021). MULTILATERAL : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga kesehatan di tengah darurat Covid-19 di Surabaya , dapatkah diterapkan ? 20(3), 237–252.

Hasanah, N. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189-196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295

Hayani, N. N. I. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 32. https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.508

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Ibrahim, Y. E. N. S. R. R. yaya S. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an Dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(September).

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.

Khasanah, N., & Muhammad, H. N. (2021). Respon Orang Tua Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Khususnya Mata Pelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(1), 259-261.

Prastowo, M. H. (2021). Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pjok Di Masa Pandemi Covid 19 Di Sdn Se Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun Tahun 2020. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(3), 201-212.

Rahayu, E. T., & Suningsih, N. (2019). Meningkatkan Waktu Aktif Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Maenpo, 9(2), 83-89. https://doi.org/10.35194/jm.v9i2.910

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112-119. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774

Rizki, W. K., & Yuwono, C. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Penjas di Era Pandemi pada Sekolah Dasar Se-Kecamatan Kalinyamatan Jepara Tahun 2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 327-â.

Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513

Sudarsono, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Daring PJOK Masa Pandemi Covid-19 melalui Model Classroom pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Bugangan 03 Kota Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 90–104. https://doi.org/10.51874/jips.v2i1.17

Sujarwo. (2021). Survei Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. 1(1), 1–5.

Yeni, H. O., Mutiara, M., & Sanusi, R. (2021). Analisis proses pembelajaran pendidikan jasmani di sds 015 vidya sasana pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan MINDA, 2(2), 71–75.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Tri Junianto

Downloads

Download data is not yet available.