Hubungan antara motivasi siswa dengan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
PDF

Keywords

motivasi belajar
efektivitas pembelajaran
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

How to Cite

Irawan, D. C., Aziz, M. Z., & Wibisono, I. G. A. B. (2024). Hubungan antara motivasi siswa dengan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 3(2), 105–115. https://doi.org/10.54284/jopi.v3i2.303

Abstract

Motivasi belajar menjadi hal yang fundamental. Hal ini diyakini ketika siswa mempunyai keinginan belajar yang kuat, maka mereka akan mampu belajar secara efektif. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan efektivitas belajar dan motivasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kandangan. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif sedangkan jenisnya korelasi. Populasi penelitian sejumlah  1.039 siswa. Sebanyak 40 siswa (laki-laki=14 dan perempuan=26) menjadi sampel. Teknik yang digunakan untuk memperoleh sampel adalah accidental sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi dan angket efektivitas. Kedua angket tersebut telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Temuan penelitian diuji menggunakan uji normalitas, setelah menemui hasil normal dilakukan uji linearitas untuk mengetahui sebaran data kemudian dilanjutkan uji hipotesis korelasi. Hasilnya terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi siswa dan efektivitas pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kandangan. Sehingga dapat diartikan bahwa motivasi menjadi aspek penting dalam berjalannya proses pembelajaran. Semakin tinggi motivasi siswa semakin tinggi pula efektivitas suatu pembelajaran.

https://doi.org/10.54284/jopi.v3i2.303
PDF

References

Amiq, F., Mutohir, T. C., Suroto, S., & Saputro, Y. D. (2022). Survey of Student Interest in Participating in Physical Education Learning at MAN 1 Malang. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 6(1), 85–93. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v6i1.1915

Badriah, N., Syamsuar, Erianti, & Arnando, M. (2023). Motivasi Siswa dalam Pembelajaran PJOK di MTsS Pesantren Thawalib Padang. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 6(1), 20–25. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1266

Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Deviani, P. (2017). Motivasi Siswa Kelas VIII Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Yogyakarta.

Dodi, I. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://doi.org/10.58230/27454312.73

Febriyanto, H. (2021). Hubungan antara Efektivitas Pembelajaran Praktek dan Motivasi Belajar Siswa Program Studi Teknik Kendaraan Ringan Kelas XI SMK Taman Siswa Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta.

Idham, Z., Neldi, H., Komaini, A., Sin, T. H., & Damrah, D. (2022). Pengaruh Kebugaran Jasmani, Status Gizi, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK. Jurnal Basicedu, 6(3), 4078–4089. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2196

Jumadi, F., Agung, A., & Putra, N. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423–440. https://doi.org/10.5281/zenodo.5027642

Lesmana, H. S. (2018). Peran Motor Educability di Dalam Meningkatkan Keterampilan Olahraga pada Pembelajaran Penjas. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 1(1), 282. https://doi.org/10.31851/hon.v1i1.1507

Lestari, I., Suryana, A. T., & Hermawan, A. H. (2022). Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning Hubungannya dengan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 7(1), 53–62. https://doi.org/10.15575/isema.v7i1.14677

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended Learning untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 133–144. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1222

Nugroho, U. (2015). Hubungan Persepsi, Sikap dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Cerdas Sifa, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22437/csp.v4i1.2640

Nurpuspitasari, D., Sumardi, S., Hidayat, R., & Harijanto, S. (2019). Efektivitas Pembelajaran Ditinjau dari Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 762–769. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.962

Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303

Panjaitan, K., & Fardana, N. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Permainan dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 7(July), 1–23. https://doi.org/10.31539/jpjo.v7i1.6857

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Putra, I. M. W., Panca Adi, I. P., & Wijaya, M. A. (2021). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 59. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34859

See, S. (2016). Hubungan antara Motivasi dan Efektivitas Proses Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX di SMP Katolik St. Theresia Kupang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 102–107. https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPE/article/view/86/59

Sugiyono. (2019). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wildayanti, W., Asrin, A., & Husniati, H. (2022). Hubungan Keterampilan Guru Mengelola Kelas dalam Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Gugus Campa Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 600–604. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.552

Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1120

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Decky Candra Irawan, Muhammad Zainuddien Aziz, I Gusti Ananda Bayu Wibisono

Downloads

Download data is not yet available.