Motivasi belajar peserta didik tingkat sekolah menengah atas pada mata pelajaran PJOK: sebuah analisis pada konteks Kurikulum Merdeka Belajar
PDF

Keywords

Motivasi belajar
PJOK
Kurikulum Merdeka Belajar

How to Cite

Firmansyah, G., S, A., & Nova, A. (2024). Motivasi belajar peserta didik tingkat sekolah menengah atas pada mata pelajaran PJOK: sebuah analisis pada konteks Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 4(1), 50–62. https://doi.org/10.54284/jopi.v4i1.465

Abstract

Motivasi belajar merupakan seluruh upaya penggerak psikis yang berasal dri dalam diri seseorang yang menimbulkan aktivitas belajar, dan memberikan jaminan untuk kelangsungan pembelajaran agar mencapai suatu tujuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik tingkat sekolah menengah atas pada Kurikulum Merdeka secara umum lebih detail pada aspek instrinsik dan ekstrinsik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian non eksperimen yaitu menggunakan pendekatan deskripritif kuantitatif. Tempat penelitian yaitu 13 sekolah menengah atas negeri yang ada di wilayah cabang Dinas Pendidikan Kabupaten malang. Sampel yang digunakan yaitu setiap sekolah mengirimkan nama perwakilan sejumlah 35-40 peserta didik. Selanjutnya sampel dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak (random Sampling) sehingga diperoleh sampel sebanyak 249 peserta didik. Sampel tidak ada kriteria khusus seperti jenis kelamin, usia dan berat badan. Instrumen pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik pengisian angket online  melalui Google Form. Angket penelitian berisi tentang pernyataan-pernyatan tentang motivasi belajar pada aspek instrinsik dan ekstrinsik berjumlah 30 butir peryataan dengan menggunakan skala likert 5 kategori yang memiliki nilai validitas 0,893 dan nilai reliabelitas 0,920. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan mengenai motivasi belajar peserta didik sekolah menengah atas mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) pada aspek motivasi instrinsik, ekstrinsik dan motivasi secara keseluruhan berada pada kategori baik maka dapat ditarik kesimpulan motivasi belajar yang dimiliki peserta didik sekolah menengah atas dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada kurikulum merdeka belajar berkategori baik.saran yang diberikan bagi guru-guru PJOK lebih memperhatikan berbagai macam aspek pembelajaran yang ada pada kurikulum merdeka sebagai langkah penunjang untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK.

https://doi.org/10.54284/jopi.v4i1.465
PDF

References

Aransyah, A., Adha, M. M., Nurwahidin, M., & Yuliati, D. (2023). Jurnal Teknologi Pendidikan : Implementasi Evaluasi Modul Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Terhadap Peserta Didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 136–147. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6424

Bruijn, A. D. de, Mombarg, R., & Timmermans, A. (2021). The importance of satisfying children’s basic psychological needs in primary school physical education for PE-motivation, and its relations with fundamental motor and PE-related skills. Physical Education and Sport Pedagogy, 27, 422–439. https://doi.org/10.1080/17408989.2021.1906217

Cid, L., Pires, A., Borrego, C., Duarte-Mendes, P., Teixeira, D., Moutão, J., & Monteiro, D. (2019). Motivational determinants of physical education grades and the intention to practice sport in the future. PLoS ONE, 14. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0217218

Ferraz, R., Branquinho, L., Pereira, M., Marques, M. C., Neiva, H. P., & Marinho, D. A. (2021). Intrinsic and Extrinsic Motivation in Physical Education Class and the Differences between Two Educational Pathways. International Journal of Physical Education, Fitness and Sports, 10(3 SE-Articles), 68–83. https://doi.org/10.34256/ijpefs2138

Fikri, M., Nofrizal, D., Nugroho, A., & Lubis, H. (2024). Impact of Learning Motivation and Physical Condition on Physical Education Learning Outcomes in Junior High School Students Aged 13-15 Years: A Analysis studies. INSPIREE: Indonesian Sport Innovation Review, 5, 97–111. https://doi.org/10.53905/xk8yd462

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

García-Ceberino, J. M., Feu, S., Gamero, M. G., & Ibáñez, S. (2022). Determinant Factors of Achievement Motivation in School Physical Education. Children, 9. https://doi.org/10.3390/children9091366

Guessogo, W. R., Mekoulou Ndongo, J., Assomo-Ndemba, P. B., Hamadou, A., Biassi, O., Tsobgny-Panka, C., & Temfemo, A. (2020). Gender differences in physical fitness among cameroonian school children aged 10 to 15 years in yaounde city. International Journal of School Health, 7(3), 45-54. https://doi.org/10.30476/intjsh.2020.86621.1086

Honchar, H., & zatulyviter, A. (2023). Peculiarities of Students’ Formation of Motivation in The Educational Field of Physical Culture And Sports. Scientific Papers of Berdiansk State Pedagogical University Series Pedagogical Sciences, 1, 217–224. https://doi.org/10.31494/2412-9208-2023-1-1-217-224

Inayati, U. (2022). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad-21 di SD/MI. In 2st ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 293–304). https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE/article/view/241

Iyakrus, I. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110

Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. MUNTAZAM, 2(1), 1–26. https://doi.org/10.35706/muntazam.v2i01.5338

Kara, S., & Rastorguyeva, I. (2023). Student Motivation for Physical Education Classes as A Psychological And Pedagogical Problem. Scientific Papers of Berdiansk State Pedagogical University Series Pedagogical Sciences. https://doi.org/10.31494/2412-9208-2023-1-1-256-263

Kovács, K. E., Kovács, K., Szabó, F., Dan, B. A., Szakál, Z., Moravecz, M., Szabó, D., Olajos, T., Csukonyi, C., Papp, D., Őrsi, B., & Pusztai, G. (2022). Sport Motivation from the Perspective of Health, Institutional Embeddedness and Academic Persistence among Higher Educational Students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(12), 7423. https://doi.org/10.3390/ijerph19127423

Kretschmer, L., Salali, G. D., Andersen, L. B., Hallal, P. C., Northstone, K., Sardinha, L. B., & International Children’s Accelerometry Database (ICAD) Collaborators Andersen LB Anderssen S. Cardon G. Davey R. Jago R. Janz KF Kriemler S. Møller N. Northstone K. Pate R. Puder JJ Reilly J. Salmon J. Sardinha LB van Sluijs EMF. (2023). Gender differences in the distribution of children’s physical activity: evidence from nine countries. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 20(1), 103. https://doi.org/10.1186/s12966-023-01496-0

Nopiyanto, Y. E., Insanistyo, B., Ibrahim, Kardi, I. S., & Kurdi. (2023). Analysis of Physical Education Students’ Learning Motivation in Basic Research Course. Jurnal Pendidikan Jasmani (JPJ), 4(1), 34-46. https://doi.org/10.55081/jpj.v4i1.822

Oprescu, D.-D., & Ciorbă, C. (2023). Physical education and motivation in the educational process. Acta et Commentationes: Științe Ale Educației, 34, 105–112. https://doi.org/10.36120/2587-3636.v34i4.105-112

Rojo-Ramos, J., González-Becerra, M. J., Gómez-Paniagua, S., Merellano-Navarro, E., & Adsuar, J. C. (2022). Analysis of the Motivation of Students of the Last Cycle of Primary School in the Subject of Physical Education. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(3), 1332. https://doi.org/10.3390/ijerph19031332

Sierra-Díaz, M. J., Gonzalez-Villora, S., Pastor-Vicedo, J. C., & López-Sánchez, G. F. (2019). Can we motivate students to practice physical activities and sports through models-based practice? A systematic review and meta-analysis of psychosocial factors related to physical education. Frontiers in psychology, 10, 2115. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02115

Sin, T. H., & Hudayani, F. (2020). Studi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 30–34. https://doi.org/10.23916/08588011

Soós, I., Boros-Balint, I., & Hamar, P. (2023). Quantitative and Qualitative Characteristics of Motivation in The Field Of Physical Education And Sports. Studia Universitatis Babeș-Bolyai Educatio Artis Gymnasticae, 68(1), 5–11. https://doi.org/10.24193/subbeag.68(1).01

Sudrajat, K. M., Muhtar, T., & Susilawati, D. (2023). Evaluasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(3), 771-788. https://doi.org/10.37058/sport.v7i3.8430

van der Marel, I., Munneke, L., & de Bruijn, E. (2022). Supervising graduation projects in higher professional education – A literature review. Educational Research Review, 37(May), 100462. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2022.100462

Vasconcellos, D., Parker, P., Hilland, T. A., Cinelli, R., Owen, K., Kapsal, N. J., Lonsdale, C. (2020). Self-determination theory applied to physical education: A systematic review and meta-analysis. Journal of Educational Psychology, 112, 1444–1469. https://doi.org/10.1037/edu0000420

Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Guntur Firmansyah, Adi S; Andi Nova

Downloads

Download data is not yet available.